Minggu, 22 September 2019

Inilah 9 MoU yang Ditandatangani Putra Mahkota Abu Dhabi dengan Pemerintah Indonesia

Rabu, 24 Juli 2019 19:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan menyaksikan penandatanganan MoU, di Istana Kepresidenan Bogor.
Beritasumut.com-Sebanyak 9 kesepakatan kerja sama ditandatangani dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/07/2019).
 
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokwi menerima Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan kepada wartawan menjelaskan, kesembilan MoU itu adalah MoU Peningkatan Perlindungan Investasi, MoU Penghindaran Pajak Berganda, MoU Industri, MoU Kepabeanan, MoU Pariwisata, MoU Kelautan dan Perikanan, MoU Pertahanan, MoU Kekonsuleran dan MoU Kebudayaan.
 
Selain itu, lanjut Menlu, ada 3 MoU Business to Business yang ditandatangani yaitu pertama antara Pertamina dan Adnoc untuk pengembangan RDMP Balikpapan, Integrated Supply Chain, LNG Storage. Kemudian yang kedua antara PT Chandra Asri dan Mubadala untuk proyek new napta cracker dan petrochemical complex.“Yang ketiga adalah antara PT Maspion Indonesia dengan DP World Asia mengenai pengembangan terminal peti kemas dan kawasan di Jawa Timur,” ujar Retno dilansir dari laman setkab.
 
Selain itu, menurut Menlu, Presiden Jokowi bersama dengan Sheikh Mohamed berdiskusi mengenai proyek-proyek yang dapat dilakukan bersama. “Jadi yang tiga tadi kan yang sudah ditandatangani, saat ini ada beberapa yang sedang dibahas tetapi sudah bicara mengenai kerja sama yang ke depannya,” ujarnya.
 
Menlu mengingatkan, bahwa Uni Emirat Arab memiliki sovereign wealth fund atau dana investasi negara yang besar, sekitar 1,3 triliun dollar AS. Potensi-potensi seperti inilah, lanjut Menlu, yang ingin kita kerja samakan dengan Uni Emirat Arab.“Jadi saya kira ini adalah selain kunjungan yang sangat bersejarah, ini juga kunjungan yang sangat straight forward, konkret, detail bicara mengenai masalah ekonomi bicara mengenai masalah keumatan,” ungkap Menlu.
 
Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengemukakan, kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah karena merupakan kunjungan kenegaraan yang pertama setelah 29 tahun. Kunjungan yang terakhir ke Indonesia adalah dilakukan oleh ayah Sheikh Mohamed Bin Zaed Al Nahyan“Jadi beliau sangat senang bisa kembali ke Indonesia, dan ini juga merupakan selain dari sisi kenegaraan juga pertemuan antara dua sahabat dekat. Jadi Bapak Presiden dengan Sheikh Mohamed memiliki hubungan yang sangat dekat, istilahnya click very much, jadi sudah ngeklik begitu kalau kita bilang,” kata Retno.
 
Ia juga menyebutkan, pertemuan ini adalah salah satu pertemuan yang terpanjang yang pernah dilakukan oleh Presiden dengan tamu dari negara lain, mulai dari airport di dalam mobil sekitar kurang lebih 1,5 jam, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan di teras di veranda kurang lebih dari 1 jam. “Jadi total more than 2,5 jam,” pungkasnya.(BS09)
T#g:IndonesiajokowiPemerintahPutra Mahkota Abu DhabiUEA
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 8 jam lalu

    Wakil Wali Kota: IPHI Medan Sarana Pererat Ukhuwah Islamiyah

    Beritasumut.com-Pemko Medan mengapresiasi silaturahmi yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Medan, dalam rangka HUT IPHI ke-2

  • 3 hari lalu

    Musa Rajekshah Apresiasi Rapat TPID se-Sumatera di Sumut

    Beritasumut.com-Koordinasi dan sinergi semua pihak yang terkait sangat penting dalam upaya pengendalian inflasi. Tindakan pengendalian inflasi yang

  • satu minggu lalu

    RSUP Adam Malik Diharapkan Tetap Kedepankan Peningkatan Mutu Pelayanan

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH mengharapkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik tetap mengedepankan peningkata

  • satu minggu lalu

    Terima DIM Revisi UU No.30, Presiden Jokowi: Independesi KPK Tak Boleh Terganggu

    Beritasumut.com-Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) baru menerima Daftar Isian Masalah (DIM) Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Kom

  • satu minggu lalu

    PPIH Canangkan Peningkatan Program Bimbingan Ibadah dan Pertahankan Sistem Zonasi di Tahun 2020

    Beritasumut.com-Penyelenggaraan ibadah haji 1440H/2019M mendekati fase akhir. Penanggung Jawab Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Nizar Ali m

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.