Minggu, 20 Oktober 2019

Indonesia Ajak Negara-Negara ASEAN Tingkatkan Ketangguhan Dalam Mengurangi Resiko Bencana

Jumat, 14 Oktober 2016 13:06:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Belajar dari rentetan kejadian bencana besar yang telah memberikan dampak kerugian yang sangat besar, baik kerugian materil triliunan rupiah maupun korban meninggal, Indonesia mengajak negara-negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), untuk terus meningkatkan ketangguhan bersama dalam mengurangi resiko bencana dan menghadapi bencana.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat mewakili Presiden Joko Widodo membuka 4th ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management & 5th of the Meeting of the Conference of the Parties to AADMER ASEAN Day for Disaster Management 2016 Indonesian Disaster Risk Reduction Month di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (13/10/2016).

Presiden Joko Widodo sebelumnya pada 6 September 2016 lalu telah menandatangani Deklarasi Satu ASEAN Satu Respons (One ASEAN One Response) Penanggulangan Bencana di dalam dan di luar kawasan Asia Tenggara. Penandatanganan itu dilakukan bersama 9 pemimpin negara anggota ASEAN lainnya.

“Bencana alam dahsyat seperti tsunami di Aceh telah dijadikan wake up call bagi seluruh negara-negara di ASEAN ini,” ujar Basuki. Menurutnya, penguatan ketangguhan ASEAN menjadi kunci sukses penanganan bencana regional.

Untuk itu Menteri PUPR mendorong negara-negara ASEAN untuk membangun ketangguhan bersama menghadapi bencana.

“Dengan telah ditandatanganinya ‘One ASEAN One Response’ negara-negara di ASEAN telah menunjukkan komitmennya dalam ketangguhan bencana,” kata Basuki, seperti dilansir setkab.go.id.

Namun Menteri PUPR meminta tidak hanya beraksi pada saat respon tetapi juga beragam konteks dalam penanggulangan bencana termasuk dalam pengurangan resiko terjadinya bencana.

“Saya berharap pertemuan ke-4 ini dapat menghasilkan terobosan yang positif dan dapat menghasilkan masyarakat ASEAN yang tangguh dalam menghadapi bencana,” kata Basuki.

Usai membuka secara resmi pertemuan tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama sejumlah delegasi negara-negara ASEAN bersama-sama melakukan penanaman tanaman Mangrove di Pantai Bahowo.(BS01)

T#g:BasarnasBNPBTim SARbencana alamTAGANA
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    99 Persen Karhutla Akibat Ulah Manusia, Kepala BNPB: Butuh Dukungan Semua Pihak

    Beritasumut.com-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menegaskan, instansi pemerintah tidak dapat mengatasi masalah keba

  • satu bulan lalu

    Panglima TNI Pimpin Rakor Penanggulangan dan Pencegahan Karhutla di Riau

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP didampingi Gubernur  Riau Drs H Syamsuar, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Be

  • satu bulan lalu

    Padamkan Kebakaran Hutan di Sumatera, Pemerintah Kerahkan Puluhan Helikopter

    Beritasumut.com-Pemerintah mengerahkan sebanyak 50 helikopter dari berbagai kementerian/lembaga, TNI, Polri, dan swasta untuk melakukan water bombi

  • 2 bulan lalu

    Menteri LHK, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Karhutla di Riau

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal P

  • 2 bulan lalu

    Wabup Dairi: Kabupaten Dairi Masuk Kategori Daerah Resiko Tinggi untuk Bencana Alam

    Beritasumut.com-Wakil Bupati (Wabup) Dairi, Jimmy Andrea Lukita Sihombing SH membuka Sosialisasi Penanggulangan Bencana Tahun 2019 yang diadakan ol

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.