Minggu, 22 September 2019

Gubsu:Pendamping dan Operator PKH Harus Memutus Rantai Kemiskinan

Sabtu, 03 Juni 2017 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membuka bimbingan dan pemantapan Pendamping serta Operator Program Keluarga Harapan (PKH) Wilayah Sumut Tahun 2017 di Hotel Griya Medan, Sabtu (03/06/2017).
 
Hadir pada kesempatan tersebut Kadis Sosial Provsu Rajali, Korwil I, II, III PKH, para koordinator dan pendamping operator PKH kabupaten/kota se-Sumatera Utara, koordinator Tagana Perwakilan Kabupaten/Kota, koordinator TKSK perwakilan Kabupaten/Kota dan staf di jajaran Dinas Sosial Provsu.
 
Gubsu mengungkapkan, bahwa bimbingan dan pemantapan pendamping dan operator PKH wilayah Sumut ini sangat strategis, karena melalui kegiatan ini dapat menambah dorongan  bagi pendamping dan operator  dalam memberikan pendampingan terhadap para peserta program unggulan penanggulangan kemiskinan yang disebut sebagai PKH.“Tugas yang saudara-saudara hadapi dan laksanakan di lapangan tidak ringan, sarat akan tantangan, namun benar-benar merupakan tugas yang luhur dan mulia,” ujar Gubsu.
 
Dari kajian Kementerian Sosial RI, lanjut Gubsu, PKH berkontribusi besar bagi penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia. Untuk itu dari besaran jumlah keluarga miskin Sumatera Utara  yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI menjadi peserta PKH pada tahun 2017 sebagaimana dilaporkan Kadis Sosial Provsu ada 300.025 KK atau sekitar 1,5 juta jiwa.
 
Berkaitan dengan tugas-tugas pendamping PKH serta peran tenaga Kesejahteraan Sosial lainnya yaitu TKSK, Tagana dan pendamping PKH serta pendamping asistensi sosial dalam rangka pemberdayaan masyarakat umumnya. Maka didalam APBD Tahun 2017 Pemprov Sumut melalui anggaran Dinas Sosial Provsu mengalokasikan dana asuransi bagi seluruh tenaga kesejahteraan sosial. “Ditargetkan 3.100 orang. Asuransi dimaksud disalurkan melalui penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Gubsu.
 
Sementara itu, Kadis Sosial Provsu Rajali mengatakan kegiatan bimbingan dan Pemantapan Pendamping dan Operator PKH ini berlangsung selama dua hari dimulai tanggal 2-3 Juni 2017 bertempat di Hotel Griya Medan.“Salah satu tujuannya guna tersusunnya rencana  dan terlaksananya program keluarga harapan secara tepat guna, efektif dan efisien serta berkelanjutan,” ujar Rajali.
 
Peserta bimbingan ini lanjut Rajali kurang lebih seratus orang yang terdiri dari Korwil PKH 1,2,3, Korwil PKH Kabupaten/Kota, Koor-dinator Tagana Perwakilan Kabupaten/Kota, Koordinator TKSK perwakilan Kabupaten/Kota dan panitia yang berasal dari staf dinas sosial Provsu dan operator PKH.
 
Dijelaskan Rajali bahwa Program PKH adalah program pemberian bantuan sosial kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. "Untuk Sumatera Utara dilaksanakan tahun 2008 dengan jumlah penerima  37.575 KK di 3 kabupaten/kota dan untuk tahun 2017 menjangkau keluarga penerima sebanyak 300.025 KK di kabupaten/kota dengan jumlah SDM PKH 1.381 orang," jelas Rajali.
 
“Diharapkan Pemprov Sumut dapat mengalokasikan dana sharing lima persen dari total dana PKH yang disalurkan kepada Provinsi Sumatera Utara digunakan untuk biaya operasional pendamping dan operator,” pungkas Rajali menambahkan.(BS03)
 
T#g:GubsuKemiskinanPKHPemprovsu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Lantik Bupati Labuhanbatu dan Asahan, Gubsu: Jangan Ingkari Sumpah Pelantikan

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dan Bupati Asahan H Surya, sisa m

  • 4 hari lalu

    Terima Silahturahmi IPEMI Sumut, Edy Rahmayadi Harapkan Bisa Bersinergi

    Beritasumut.com–Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumatera Utara (Sumut) dinilai memiliki potensi dalam peningkatan kesejahteraan m

  • satu minggu lalu

    Siswa Chandra Kumala School Raih 4 Emas dan 25 Perak di WSC Manila 2019, Wagubsu Berikan Apresiasi

    Beritasumut.com–Sebanyak 18 siswa dan siswi Chandra Kumala School Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara (Sumut), berhasil menorehkan prestasi

  • satu minggu lalu

    Uang Pemprovsu Rp1,6 Milyar Hilang di Pelataran Parkir, Wagubsu Minta Inspektorat Lakukan Pemeriksaan Internal

    Beritasumut.com–Peristiwa hilangnya uang tunai senilai Rp1,6 Milyar atau sejumlah Rp 1.672.985.500,- di pelataran parkir Kantor Gubernur Sumu

  • satu minggu lalu

    Dinilai Berjasa Bagi Masyarakat Natal, Wagub Diberi Gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa

    Beritasumut.com-Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah Majelis, Pemangku Adat Ranah Nagari Nata resmi mengangkat Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.