Selasa, 22 Oktober 2019

Gubsu Diminta Batalkan Pelantikan Kepsek Labuhan Batu

Kamis, 01 September 2016 19:27:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Kantor Gubernur Sumut
Beritasumut.com-Pelantikan pejabat fungsional yakni Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK sederajat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Labuhan Batu dinilai melanggar aturan. Oleh karena itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi diminta untuk dapat segera membatalkan pelantikan tersebut dan mengambil kebijakan sesuai dengan aturan.
 
“Kita minta agar pak Gubsu dapat segera membatalkan pelantikan Kepsek SMA/SMK tersebut, karena Gubsu berwenang untuk melakukan hal itu. Gubsu berwenang memberikan arahan terhadap urusan kepemerintahan sesuai dengan pasal 8 ayat 2 undang-undang nomor 3 tahun 2014,” ujar Ketua Teropong Demokrasi Indonesia Pusat, Zainuddin Limbong, Kamis (01/09/2016).
 
Dikatakan Limbong, sikap tegas Gubsu ini untuk membatalkan hal itu sangat mendesak sebagai wujud kepatuhan pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat oleh Pemprovsu dan kabupaten/kota sebagai wujud good governance.
 
Pasalnya, kata Zainuddin, kebijakan yang dilakukan oleh Bupati Labuhan Batu, Pangonal Harahap tanggal 26 Agustus 2016 dengan melantik sebanyak 76 Kepsek tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Negeri di lingkungan pemerintah Labuhan Batu dinilai melanggar aturan dan undang-undang. Adapun aturan yang menurutnya dilanggar yakni UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengatur tentang pelimpahan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah kepada Pemprovsu.
 
Begitu juga surat edaran Mendagri Nomor : 120/5935/SJ tanggal 16 oktober 2015 tentang percepatan pengalihan urusan berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah point 2 yang berbunyi : “tidak diperkenankan melakukan mutasi/perpindahan personil yang beralih urusannya di internal provinsi dan kabupaten/kota dan pengalihan barang milik daerah baik antar pengguna barang dan/atau kuasa pengguna barang sebelum adanya penyerahan barang milik daerah”.
 
Selain itu lanjut Zainuddin, Kepala BKN juga telah mengeluarkan aturan Nomor 1 tahun 2016 tanggal 26 Januari 2016 tentang pelaksanaan pengalihan pengawai negeri sipil daerah kabupaten/kota yang menduduki jabatan fungsional guru dan tenaga kependidikan menjadi PNS daerah provinsi.
 
“Belum lagi Pemprovsu juga sudah mengeluarkan surat edaran Nomor : 800/11741/BKD/IV/2016 tanggal 14 Juli 2016 yang isinya merupakan imbauan untuk tidak melakukan pemutasian fungsional guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK,” ujar Zainuddin.
 
Dikatakannya, jika Gubsu tidak segera membatalkan proses pelantikan Kepsek yang dinilainya telah melanggar aturan itu, maka akan berdampak dengan terganggunya proses pelaksanaan pelimpahan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah ke Pemprovsu yang saat ini masih dalam proses transisi.
 
“Dampaknya juga tentu akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan bagi fungsional guru dan tenaga kependidikan yang ada khususnya daerah kabupaten Labuhan Batu dan Provinsi Sumut, akibat kebijakan bupati yang tidak mematuhi aturan yang ada. Ini tentu akan menimbulkan efek negative bagi kabupaten/kota lainnya di Sumut,” kata Zainuddin.
 
Di tempat terpisah, Plt Kepala BKD Sumut, Kaiman Turnip mengatakan, hingga saat ini pihak Kabupaten Labuhan Batu masih belum ada melakukan koordinasi dengan BKD Provinsi Sumut terkait dengan mutasi Kepsek yang telah dilakukan.
 
Namun, dikatakannya Pemprovsu sifatnya hanyalah dapat memberikan pembinaan. Jika ada kabupaten/kota yang melakukan tindakan diluar aturan, maka Pemprovsu berfungsi untuk membina dan mengarahkan. “Kalau Pemprovsu sifatnya kan pembinaan, kalau untuk mengambil kebijakan untuk membatalkan pelantikan itu merupakan kewenangan dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN),” terangnya. (BS03)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Saksikan Kejuaraan Gulat Senior Piala Gubernur, Kapolsek Percut Seituan Dukung Kegiatan Olahraga

    Beritasumut.com-Kapolsek Percut Seituan, Kompol Aris Wibowo berkeinginan untuk memajukan kegiatan olahraga di wilayah hukumnya yakni Kecamatan Perc

  • 3 minggu lalu

    Terungkap, Tengkorak yang Ditemukan di Labuhan Batu Merupakan Korban Pembunuhan

    Beritasumut.com-Tengkorak manusia yang ditemukan dalam sumur warga di Dusun Kampung Pelita, Desa Selat Besar, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labu

  • 4 minggu lalu

    Terkait Hilangnya Uang Rp 1,6 M, Gubernur Non Aktifkan 3 Pejabat Pemprov Sumut

    Beritasumut.com–Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menonaktifkan tiga pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Hal ini terkait

  • satu bulan lalu

    Gubernur Lantik Bupati Labuhan Batu dan Bupati Asahan

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) melantik Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunte ST dan Bupati Asahan, H Surya, SE di Kantor Gu

  • satu bulan lalu

    Uang Pemprovsu Rp1,6 Milyar Hilang di Pelataran Parkir, Wagubsu Minta Inspektorat Lakukan Pemeriksaan Internal

    Beritasumut.com–Peristiwa hilangnya uang tunai senilai Rp1,6 Milyar atau sejumlah Rp 1.672.985.500,- di pelataran parkir Kantor Gubernur Sumu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.