Kamis, 23 Januari 2020

Edukasi Geopark Toba Harus Menyasar Anak Usia Dini

Sabtu, 26 Agustus 2017 18:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Setelah mengunjungi geoarea dan geosite Geopark Kaldera Toba (GKT) di kabupaten Humbahas dan kabupaten Tapanuli Utara, pada Kamis (24/08/2017). Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung kembali memantau kondisi gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di kabupaten Samosir, Jumat (25/08/2017).
 
Dalam pemantauan di pusat informasi Geopark Kaldera Toba, Wagubsu langsung melihat kegiatan edukasi geopark kepada anak-anak sekolah. Dimana anak-anak terlihat diajarkan berbahasa Inggris, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan generasi muda di sekitar geopark kabupaten Samosir agar dapat melayani wisatawan. Seperti destinasi wisata lainnya yakni Bali yang dapat menyambut pengunjung dengan bahasa yang mampu dimengerti oleh wisatawan. Tak hanya itu, Wagubsu juga menyaksikan aktivitas anak-anak lainnya di gedung tersebut yang sedang melukis sketsa kondisi alam yang selama ini menjadi objek wisata di sekitar kawasan geopark Samosir.
 
Wagubsu, Dr Nurhajizah Marpaung mengatakan edukasi geopark kepada anak-anak usia dini ini penting dilakukan, sebab ini merupakan salah satu point rekomendasi yang harus dipenuhi oleh Pemprovsu untuk dapat masuk menjadi anggota Global Geopark Network (GGN) UNESCO. “Kita sudah diminta sama pak Gubsu untuk melakukan percepatan pemenuhan rekomendasi agar GKT dapat diakui sebagai GGN UNESCO. Pemantauan yang kita lakukan ini untuk mengecek satu persatu geoarea agar sama-sama dapat bekerjasama mengejar dalam dua bulan ini untuk memenuhi rekomendasi tersebut,” paparnya.
 
Dari pemantauan ini nantinya, lanjut Nurhajizah diharapkannya dapat menjadi pemetaan mana yang harus dilakukan pembangunan, mana yang harus ditata dan lainnya. “Harapan kita dengan adanya penataan ini nantinya, rekomendasi itu dapat terpenuhi terutama untuk edukasi geopark kepada masyarakat,” jelas Nurhajizah.
 
Sebelumnya, Wagubsu juga mengunjungi desa Pardugul dusun buntu pangaloa kecamatan pangururan, Samosir. Kedatangan Wagubsu ke lokasi ini dalam rangka melakukan talkshow pada radio Samosir Green, di mana radio ini juga turut serta melakukan sosialisasi program geopark kepada masyarakat. “Sosialisasi di media seperti radio ini juga merupakan rekomendasi yang harus kita penuhi,” terang Wagubsu.
 
Sementara itu, Manager Geoarea Samosir Wilmar E  Simanjorang menyatakan, dengan kesungguhan dan kerjasama semua pihak, maka usulan untuk menjadikan Kaldera Toba sebagai Geopark Global Network (GGN) dapat terealisasi. Apalagi sebelumnya, pihak UNESCO telah memberikan 5 rekomendasi yang harus dipenuhi yakni edukasi, panel-panel, strategi pemasaran, pendekatan kultur dan harus ada pembenahan di lapangan.
 
Menurut Wilmar, harus ada edukasi geopark terhadap masyarakat, mengedukasi masyarakat, mengedukasi stakeholder, bahwa kita ini punya sesuatu hal yang paling berharga yakni ada sesuatu hal kaldera toba yang bertema vulkano toba.“Dengan demikian anak-anak sudah berbicara soal geopark, opung-opung sudah bicara geopark kaldera toba,” sebut Manager Geoarea Samosir, Wilmar E Simanjorang, saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung.
 
Yang kedua panel-panel informasi dan edukasi, kalau mau kesini harus jelas, kalau kita dari silangit apa yang ada di Geoarea Samosir, kalau dari bandara silangit tentu kita harus masuk dari tele. Kalau dari kuala namu masuknya dari parapat. Makanya harus tahu berapa lama kesana naik apa kesana. Selanjutnya ada lagi strategi promosi dan pendekatan kultur serta harus ada terjadi perubahan di lapangan. (BS03)
T#g:Anakdanau tobaEdukasiGeoparkGeositenurhajizah marpaungPAUDPemprovsuSumatera UtaraSumuttobawagubsu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Buronan Interpol Pembunuh Sekeluarga di Pakistan Diringkus Polda Sumut

    Beritasumut.com-Petugas Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara (Poldasu) bersama Interpol berhasi

  • 14 jam lalu

    Rektor UNPAB: Kepemimpinan Bung El Adrian Shah Bawa KNPI Sumut Lebih Bermartabat

    Beritasumut.com-Di bawah kepemimpinan El Adrian Shah, kiprah DPD KNPI Sumut sebagai induk organisasi kepemudaan di Sumatera Utara semakin bermartab

  • 19 jam lalu

    Silaturahmi Bersama Konjen Malaysia, Gubernur Sumut Berharap Tingkatkan Pengawasan TKI Ilegal

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan silaturahmi Konsul Jenderal Malaysia di Medan YM Aiyub Bin Omar be

  • 23 jam lalu

    Kapolda Sumut: Satpam Turut Berperan Ciptakan Suasana Aman di Sumut

    Beritasumut.com-Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar SIK MSi menegaskan, Satuan Pengaman ( Satpam) ikut berperan dalam menciptakan suasa

  • 2 hari lalu

    Akhyar Nasution Fit and Proper Test di DPD Golkar Sumut, Ayok Sama-sama Kita Bangun Medan

    Beritasumut.com-Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan visi dan misi di DPD Partai Golkar Sumatera Utara. Penyampaian visi dan misi itu sebagai sala

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.