Politik & Pemerintahan

Dinas Pariwisata Fasilitasi Guru SMP se-Kota Medan Ikuti Pelatihan Tari Ahoi

Dinas Pariwisata Fasilitasi Guru SMP se-Kota Medan Ikuti Pelatihan Tari Ahoi
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guru Kesenian dan Olahraga se-Kota Medan akan mendapat pelatihan Tarian Ahoi. Pelatihan yang akan dimulai pada bulan Maret ini diprakarsai dan difasillitasi oleh Dinas Pariwisata Medan. Demikian diungkap dalam Rapat Sosialisasi Tari Ahoi bersama Guru-guru SMP se-Kota Medan, Jumat (28/02/2020) di Ruang Rapat III, kantor Wali Kota Medan.
 
Bertindak sebagai pimpinan rapat Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Kadis Pariwisata Medan Drs H Agus Suriyono. "Diharapkan setelah pelatihan ini para guru dapat menyebarluaskan Tari Ahoi ini kepada murid. Dengan demikian Tari Ahoi kian dikenal luas di Indonesia, seperti Tari Poco-poco dan Maumere,” ucap Agus, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Jumat (28/02/2020).
 
Saat itu, Agus juga menyampaikan, Dinas Pariwisita juga berencana menggelar Lomba Tari Ahoi Tingkat SMP se-Kota Medan. Lomba ini dijadwalkan akan digelar pada Juli mendatang untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kota Medan. “Karena itu, manfaatkanlah pelatihan ini sebagai modal untuk meraih prestasi pada Lomba Tari Ahoi nanti,” sambungnya.
 
Dalam pertemuan itu, Agus dengan komunikatif mengajak para guru untuk memberikan masukan dan saran soal pelatihan ini. Ajakan ini mendapat sambutan dari para guru. Tidak sedikit mereka mengajukan saran, di antaranya soal waktu dan tempat pelatihan. Menengahi permintaan para guru, Agus mengatakan, tempat pelatihan terbagi pada lima sektor, yakni di bagian Selatan, Utara, Timur, Barat, dan inti Kota Medan. “Ini dimaksudkan agar tempat latihan tidak terlalu jauh dengan lokasi mengajar para guru,” sebut Agus.
 
Soal waktu latihan awalnya direncanakan pada Jumat dan Sabtu. Namun sebagian guru menginginkan dilakukan pada hari kerja setelah jam mengajar usai. Keinginan para guru ini dapat dipahami, sehingga dicapailah kesepakatan pelatihan dilakukan di luar hari Jumat dan Sabtu pada pukul 15.00 WIB. Di samping itu, Agus juga mengatakan akan mengupayakan surat pemberitahuan resmi ke Dinas Pendidikan Medan tentang pelatihan Tari Ahoi yang akan diikuti para guru SMP se-Kota Medan ini. (BS09)