Politik & Pemerintahan

Deli Serdang-USAID IUWASH PLUS Tingkatkan Akses Air Minum dan Air Limbah


Deli Serdang-USAID IUWASH PLUS Tingkatkan Akses Air Minum dan Air Limbah
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Dalam rangka mendukung Program Pemerintah terkait Universal Akses 2019 dan menuju Visi SDG,s (Sustainable Development Goals) 2030 dalam pencapaian layanan air minum dan layanan akses air limbah bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, DPRD dan USAID Indonesia Urban Water, Sanitation And Hygiene, Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS) melakukan kerjasama dalam acara Visioning Workshop dan sosialisasi Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) di Wings Hotel, Jalan Arteri Deli Serdang, Jumat (11/08/2017). 
 
Pernyataan ini ditandai penandatangan bersama oleh Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution SE, Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars dan Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS Alifah Lestari yang turut dihadiri Direktur Perkotaan Perumahan Kawasan Pemukiman Bappenas Tirta Sutedjo, Direktorat PPLP Kementerian PUPERA Suharsono dilanjutkan dengan pensosialisaian L2T2 kepada pimpinan SKPD terkait Pemkab Deli Serdang dan Camat se-Kabupaten Deli Serdang.
 
Direktur Perkotaan Perumahan Kawasan Pemukiman Bappenas Tirta Sutejo menjelaskan peran Iuwash Plus ini untuk membantu daerah dalam mencapai Universal Akses yaitu meningkatkan akses air minum dan sanitasi untuk masyarakat miskin dan rendah, peningkatan teknik dan kapasitas kelembagaan serta mendorong iklim yang kondusif untuk berkelanjutan akses air minum dan sanitasi.
 
Sedangkan fokus Iuwash plus adalah promosi prilaku hygiene di perkotaan, penguatan kinerja PDAM melalui dukungan teknis (NRW,EE,GIS), pembiayaan mikro untuk sektor air minum dan sanitasi, penguatan kemitraan sektor Wash dengan swasta (potensi CSR) dan ide kreatif pemerintah daerah.
 
Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars menyampaikan terima kasihkepada USAID IUWAS PlUS karena telah menetapkan Kabupaten Deli Serdang sebagai salah satu Kabupaten dampingan IUWASH PLUS Tahun 2016-2017 yang telah direalisasikan dalam nota kesepahaman pada bulan Nopember 2016 yang lalu.
 
Wabup berharap program ini dapat terealisasi sesegera mungkin sehingga masyarakat menikmati air bersih secara merata 100% yang ditargetkan tercapai pada tahun 2030. "Ini tugas kita bersama sebagai pewaris cita-cita kemerdekaan RI sebagaimana yang tertuang pada pembukaan UUD 1945 untuk melindungi segenap bangsa indonesia dan memajukan kesejahteraan umum yang m sesungguhnya belum terwujudkan," katanya.
 
Wabup menyadari meskipun APBD Deli Serdang saat ini mencapai Rp 3,4 Triliun tetapi belum mampu untuk menyahuti semua tuntutan kebutuhan masyarakat. "Masih kita temukan sebahagian masyarakat Deli Serdang hidup di bawah garis kemiskinan meskipun jumlahnya relatif rendah hanya 4,74 %, tetapi harus menjadi perhatian kita bersama, dengan melakukan percepatan pembangunan, menggerakkan pola Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) lewat tiga pilar kekuatan, menyatunya pemerintah didukung pihak swasta dan partisipasi masyarakat yang selama ini berjalan di Kabupaten Deli Serdang," papar Wabup.
 
Sebelumnya, Kepala Bappeda Deli Serdang Abdul Haris Pane MM menjelaskan bahwa kondisi wilayah Kabupaten Deli Serdang saat ini untuk jaringan perpipaan air 28473 SR atau baru 7%, Idie capacity/200 sampai 250 Iiter per detik, sedangkan masyarakat yang membutuhkan akses sanitasi yang aman dan layak mencapai 79%. (BS05)
 

Tag:Air LimbahAir MinumUSAID IUWASH PLUSPemkab Deli Serdang