Kamis, 24 Oktober 2019

Dari 33 Kabupaten/Kota, Sumut Baru Miliki 12 Kampung KB

Kamis, 04 Agustus 2016 17:45:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ilustrasi
Kampung KB
Beritasumut.com-Sebanyak 12 kampung Keluarga Bencana (KB) saat ini sudah berdiri.Kepala BKKBN Perwakilan Sumut, Temazaro Zega didampingi Kassubag Humas Janter Sitorus memaparkan, dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut, untuk semantara Kampung KB tersebut sudah ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Nias Utara, Medan, Serdan Bedagai, Labusel, dan Siantar.
 
"Masih 12 kampung KB yang sudah berdiri. Target kita adalah 1 kampung KB terdapat di 1 Kabupaten/Kota," ungkap Temazaro, Kamis (04/08/2016).
 
Dalam waktu dekat, sambung Temazaro, Kabupaten Deli Serdang adalah daerah yang selanjutnya segera akan memiliki kampung KB. Kampung KB itu kata dia, rencana akan berdiri pada, Jumat (12/08/2016) mendatang."Sebenarnya dalam menjadikan kampung KB ini tidak ada kendala. Hanya saja perlu kordinasi antara lintas sektor, karena di dalam kampung KB tidak hanya KB saja di dalam kegiatannya,"  jelasnya.
 
Sebelumnya, Temazaro juga menyebutkan, selain terus menambah jumlah kampung KB di kabupaten/kota, ada empat program pokok pelayanan KB yang terus diprioritaskan di semua lini lapangan. Hal itu yaitu, peningkatan KIE Advokasi, kemudian mewujudkan program di dalam pembangunan karakter, menjadi orangtua hebat, dan program generasi berencana."Tentu program lainnya juga akan menjadi pendukung semua program. Dan ini yang terus dilakukan," tutur Temazaro.
 
Sementara itu, Kepala BKKBN RI, Surya Chandra mengaku bahwasanya di seluruh Indonesia, kampung KB yang sudah berdiri secara nasional sudah mencapai sebanyak 350 Kabupaten. Sementara, target yang dikejar pemerintah ialah sebanyak 514 Kampung KB."Jumlah ini tersebar secara merata, baik di kawasan Barat dan Timur," ujarnya.
 
Kenapa jumlah tersebut masih segitu, Surya mengaku bahwasanya program ini tidak bisa hanya dicanangkan. Melainkan harus betul-betul dijalankan."Masyarakatnya juga harus mau, dan data kependudukannya juga sudah ada, baru kampung KB bisa dimulai. Sedangkan untuk tempatnya ialah, kawasan yang miskin dan kumuh, seperti kampung nelayan, bantaran kereta api, miskin perkotaan atau di gunung yang belum ada akses," pungkasnya. (BS03)
 
T#g:Kampung KB
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Kader PPKBD dan Sub PPKBD Diminta Tingkatkan Pembinaan di Kampung KB

    Beritasumut.com-Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, menghadiri acara penguatan program Kepend

  • 11 bulan lalu

    Danramil 06/LP Hadiri Pencanangan KB Pria di Pagar Merbau

    Beritasumut.com-Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang menjadi sasaran sosialisasi 'Peningkatan Kualitas Penggerakan Pelayanan Keluarga

  • tahun lalu

    Tim Monev BKKBN Pusat Pantau Kampung KB Paindoan di Rantauprapat

    Beritasumut.com-Tim monitoring dan evaluasi BKKBN pusat pantau para kader Kampung KB di Lingkungan Paindoan Kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Ranta

  • 2 tahun lalu

    Rakorda KKBPK Diharap Mampu Atasi Progam Kampung KB dan Pembangunan Keluarga di Sumut

    Beritasumut.com-Agar Kampung Keluarga Berencana atau yang disebut Kampung KB yang telah dibentuk benar-benar bermanfaat, semua lintas sektoral diha

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.