Sabtu, 20 April 2019
  • Home
  • Politik & Pemerintahan
  • DPRD Sumut, Bupati Karo dan Deli Serdang Sepakat Datangi Menteri LHK Terkait Pembukaan Jalan Tembus Karo-Deli Serdang

DPRD Sumut, Bupati Karo dan Deli Serdang Sepakat Datangi Menteri LHK Terkait Pembukaan Jalan Tembus Karo-Deli Serdang

Jumat, 01 Februari 2019 22:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Komisi D DPRD Sumut sepakat dengan Bupati Karo dan Bupati Deli Serdang untuk bersama-sama mendatangi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Jakarta agar diberi izin pembukaan jalan tembus Karo-Deli Serdang melalui kawasan hutan sepanjang 2,2 Km, guna mengurangi kemacetan jalur lalu lintas Medan-Berastagi.
 
Kesepakatan itu terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Sumut dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Deli Serdang yang diwakili Sekretaris Dinas PUPR Deli Serdang Heriansyah Siregar, mewakili Bupati Humbahas, Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut Iswahyudi dan Plh Kepala BBPJN II Medan Bambang Pardede yang dipimpin Wakil Ketua Komisi D Burhanuddin Siregar dan dihadiri anggota Komisi D Aripay Tambunan, Baskami Ginting, Samsul Sianturi, Layari Sinukaban, Leonard Samosir, Darwin Sag, Yantoni Purba dan Darwin Lubis, Jumat (1/2/2019) di DPRD Sumut.
 
Sebelumnya, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi sangat berharap kepada Komisi D DPRD Sumut dan Dinas BMBK Sumut untuk ikut memperjuangkan pembangunan jalan tembus Karo-Deli Serdang yang hingga kini belum bisa dilanjutkan pembangunannya, karena membelah kawasan hutan sepanjang 2,2 Km. “Sebenarnya jalan yang menghubungkan Karo-Deli Serdang melalui Desa Barusjahe Karo melalui Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, sudah lama di impikan masyarakat banyak. Tapi ada kendala di lapangan, yakni, ada beberapa ruas jalan melalui kawasan hutan konservasi,” ujar Terkelin. 
 
Berkaitan dengan itu, ujar Terkelin, Pemkab Karo sangat berharap kepada DPRD Sumut dan Pemprovsu untuk bersama-sama menemui Kemen LHK guna meminta izin pemakaian kawasan hutan konservasi tersebut, agar pembangunan jalan tembus Karo-Deli Serdang ini tidak ada lagi hambatan untuk melanjutkan pembangunannya."Sekedar mengingat kembali, bahwa pihak Pemkab Karo sudah melakukan pembukaan dan peningkatan Jalan Serdang–Desa Rumah Liang melalui TMMD ke-101 dan Karya Bhakti TNI melalui Kodim 0205 /TK dan saat ini masih berlangsung,” katanya.
 
Seperti diketahui, tegas Bupati Karo yang sangat getol melakukan perubahan pembangunan di daerah 'Bumi Turang' itu, ada sekitar 2,2 Km jalan melintasi kawasan hutan, sehingga membutuhkan izin dari Kemen LHK, agar jalan tersebut bisa digunakan sebagai jalur alternatif mengatasi kemacetan Jalan Medan–Berastagi.Diakui Bupati, pihaknya sejak tahun 2017 hingga 2019 ini sudah empat kali mengajukan surat permohonan ke Dishut (Dinas Kehutanan) Sumut maupun Kemen LHK, terkait izin pemakaian kawasan hutan konservasi, guna pembangunan jalan tembus Karo-Deli Serdang. Tapi hingga kini belum ada jawaban. 
 
Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dinas PUPR Heriansyah Siregar mewakili Bupati Deli Serdang menegaskan, Pemkab Deli Serdang sudah membangun jalan tembus tersebut hingga Desa Rumah Liang hingga batas kawasan hutan dan sebahagian sudah cor beton. “Jadi yang perlu diperjuangkan hanya jalan yang masuk kawasan hutan hingga perbatasan Karo,” jelasnya.
 
Mewakili Bappeda Sumut Iwan Ashari menyatakan, pembangunan jalan tembus Karo-Deli Serdang sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Sumut, sehingga sudah bisa sebagai acuan untuk penyampaian usulan untuk melanjutkan pembangunannya ke Kemen LHK.
 
Sementara itu, wakil dari Bupati Humbahas mengusulkan kepada dewan, agar pembangunan jembatan Binanga Siparbue di Desa Simatupang, Kecamatan Muara, Kabupaten Taput yang menghubungkan ke Desa Sibual, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbahas dialokasikan di APBD Sumut. "Jika memungkinkan dijadikan jembatan provinsi," pintanya.
 
Mendengar paparan tersebut, anggota Komisi D Layari Sinukaban, Leonard Samosir, Yantoni Purba dan Baskami Ginting menyatakan kesepakatannya untuk menemui Menteri LHK di Jakarta, guna mendesak dikeluarkannya izin pemakaian kawasan hutan konservasi tersebut, untuk pembangunan jalan tembus.
 
“Sebagai kesimpulan rapat, kita menyepakati minggu depan, pada 7 Februari 2019, kita bersama-sama ke Jakarta mendesak Menteri LHK agar mengeluarkan izinnya, agar pembangunan jalan alternatif itu bisa cepat terealisasi, sesuai harapan masyarakat Karo dan Deli Serdang,” ujar Burhan sembari menambahkan, sebelum ke Jakarta, Komisi D akan melakukan peninjauan ke lapangan terlebih dahulu dan menyangkut pembangunan jembatan Binanga, akan diperjuangkan melalui APBD Sumut.(BS03)
T#g:Bupati KaroDPRD SumutDeli serdangJalanJalan Tembus Karo-Deli Serdang
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pemkab Deli Serdang Buka Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis HOTS Bagi Guru SD dan SMP

    Beritasumut.com-Diklat Peningkatan Kompentensi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi guru SD dan SMP di lingkungan Pemerint

  • 5 hari lalu

    Anggota DPRD Sumut Ricard Sidabutar: Prioritaskan Mitigasi Bencana di Danau Toba

    Beritasumut.com-Sebagai kawasan strategis nasional, mitigasi bencana di kawasan Danau Toba harus diprioritaskan. DPRD Sumut meminta Dinas Kehutanan

  • satu minggu lalu

    Logistik Pemilu 2019 untuk Kabupaten Deli Serdang Mulai Terdistribusi

    Beritasumut.com-Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein SSos, didampingi Ketua KPUD Deli Serdang Boby Indra Prayoga, dan Ketua Bawaslu Deli Serdang M Ali

  • satu minggu lalu

    Ruko Meledak di Jalan Kruing Medan, Kapoldasu: Siapapun Pelakunya Akan Ditindak tegas

    Beritasumut.com-Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menegaskan, sudah melakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab kejadian ledakan gas di Jal

  • satu minggu lalu

    Kapoldasu Tinjau Lokasi Ledakan Ruko di Jalan Kruing

    Beritasumut.com-Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Agus Andrianto meninjau lokasi ledakan yang merusak 5 unit rumah toko (ruko) di Jalan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.