Jumat, 06 Desember 2019

DPRD Medan Wacanakan Pembentuk Pansus PDAM

Kamis, 15 September 2016 16:40:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Air Minum
Beritasumut.com-Wacana pengalihan pengelolaan air bersih di kota Medan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi ke Pemerintah Kota (Pemko) Medan tampaknya bakal berhasil. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan tampak serius melakukan lobi-lobi upaya peralihan dan segera membentuk panitia khusus (pansus) PDAM.
 
Anggota DPRD Medan yang tergabung di pansus pembahasan Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Medan TA 2015, saat rapat pembahasan, Rabu (14/09/2016) malam. Dalam Ranperda tersebut, direkomendasikan pembentukan pansus PDAM. Rapat yang dipimpin Ketua pansus M Nasir dihadiri Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan sejumlah anggota dewan lainnya sepakat agar pengelolaan air bersih dikelola Pemko.
 
“Kita sepakat merekomendasi bentuk pansus PDAM. Ini murni memaksimalkan pelayanan air bersih dan peningkatan PAD Pemko Medan,” pinta M Nasir yang diamini seluruh anggota dewan peserta rapat yang dihadiri para ketua Fraksi DPRD Medan.
 
Mencuatnya wacana tersebut menyikapi keluhan warga Medan yang diterima dewan saat reses. Warga selalu mengeluhkan kualitas air bersih yang kotor serta distribusi air macet. Ditambah lagi dari pemaparan Kadis Perumahan dan Pemukiman Kota Medan Ir Gunawan Lubis beberapa tahun belakangan ini pihaknya tetap mengalokasikan dana pembangunan pipanisasi untuk distribusi air milik PDAM Tirtanadi.
 
“Kenapa biaya pembangunan pipa air, Pemko juga yang menanggulangi sementara PDAM Tirtanadi yang menikmati retribusi air. Baiknya Pemko saja yang mengelola air bersih,” timpal Nasir.
  
Sebagaimanan diketahui, sebelumnya anggota DPRD Medan Hasyim SE selaku Ketua Fraksi PDI P Medan telah mendorong Pemko Medan maupun pihak ketiga mengambil alih pengelolaan air bersih. Sedangkan, tawaran negara Polandia memberikan pelayanan air bersih di kota Medan supaya diterima.
 
Ketua Fraksi PDI P DPRD Medan, Hasyim menyambut positif ajakan kerjasama Polandia. Hasyim mendorong Pemko Medan supaya segera merespon dan menindaklanjuti tawaran itu. Pemko Medan diharapkan mempelajari dan melihat langsung kondisi pengelolaan air bersih di Polandia.
 
Beberapa Ketua Fraksi di DPRD Medan yang setuju jika pengelolaan air bersih di tangani Pemko Medan yakni Ketua Fraksi PDI P DPRD Medan Hasyim SE, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan, Surianto (Butong), Ketua Fraksi Parnas DPRD Medan, Maruli Tua Tarigan dan Ketua Fraksi PPP DPRD Medan, Abd Rani SH. (BS03)
T#g:DPRD MedanPDAMPemko Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Plt Wali Kota Medan Resmikan Mushola Iqro di SMPN 18 Medan

    Beritasumut.com-Manusia yang unggul di masa depan adalah yang berkarakter. Para guru berperan penting dalam melahirkan generasi yang berkarakter te

  • 3 hari lalu

    Plt Wali Kota Medan: Laut dan Sungai Jangan Dicemari, Anggaplah Halaman Depan Rumah Kita

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak masyarakat menganggap bahwa laut dan sungai merupakan hala

  • 3 hari lalu

    Kota Medan Raih Enam Besar Penerima Penghargaan APE

    Beritasumut.com-Kota Medan berhasil meraih posisi di peringkat 6 (enam) terbesar dalam nominasi penerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (AP

  • 4 hari lalu

    Plt Walikota Medan Berharap RMC Medan Rider Max Jadi Motor Penggerak Ketertiban Berlalulintas

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengharapkan RMC Medan Rider Max Community menjadi motor penggerak

  • 6 hari lalu

    Pemko Harapkan Kota Medan Bebas Banjir Dapat Segera Terealisasi

    Beritasumut.com-Kelompok Kerja (Pokja) Penanggulangan Banjir Kota Medan yang telah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut)

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.