Senin, 26 Agustus 2019

DPRD Medan Terima Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018

Selasa, 23 Juli 2019 11:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Seluruh fraksi DPRD Medan menerima Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 yang disampaikan oleh Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH. 
 
Keputusan ini diambil dalam Rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (22/07/2019) di gedung dewan, yang dipimpin Ketua DPRD, Hendri Jhon Hutagalung dan diikuti segenap pimpinan serta anggota dewan. Dalam rapat paripurna yang dihadiri Wali Kota Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi dan segenap pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan itu, setiap fraksi menyampaikan pendapat tentang laporan pertanggungjawaban itu. Setelah sebelumnya melakukan serangkaian pembahasan, fraksi-fraksi di DPRD Medan menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban itu.
 
Dalam sambutannya, Wali Kota Medan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap jajaran pimpinan serta anggota dewan, termasuk Pansus Laporan Pertanggungjawaban, yang telah membahas substansi Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 dengan teliti dan mendalam. Wali Kota menyampaikan, ada beberapa catatan pokok legislator yang perlu dicermati dan digarisbawahi. Salah satunya adalah secara kemitraan Pemko dan DPRD Medan harus terus meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. 
Artinya, Pemko Medan dan seluruh stakeholder harus menjadikan catatan-catatan strategis yang disampaikan sebagai masukan guna meningkatkan kemampuan manajerial untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang semakin transparan, partisipasif, dan akuntabel, khususnya dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah. 
 
Menurut Wali Kota, secara umum pembangunan Kota Medan selama tahun 2018 memberikan banyak keberhasilan. Namun, di balik itu harus juga disadari masih banyak yang belum dapat dicapai. Hal-hal yang belum dapat diwujudkan merupakan tantangan tersendiri secara keseluruhan yang harus diatasi secara sungguh-sungguh dengan bekerja lebih keras lagi.
 
“Untuk itu, kepada seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, saya ingatkan untuk tetap memiliki integritas dan dedikasi total sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, dengan mewujudkannya dalam bentuk-bentuk penyelenggaraan pelayanan umum yang semakin prima kepada masyarakat,” imbau Wali Kota. 
Wali Kota juga menyatakan, catatan-catatan strategis tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 ini akan menjadi masukan sekaligus pertimbangan utama dalam merumuskan arah kebijakan umum dan program prioritas penyelenggaraan pemerintahan daerah pada masa yang akan datang. Selanjutnya, kata Wali Kota, secara operasional, juga akan dijabarkan lebih lanjut dalam berbagai rencana program efektif, baik yang bersifat kerangka regulasi maupun kerangka anggaran.
 
“Kita percaya, melalui langkah-langkah strategis ini, kita dapat terus meningkatkan citra pelayanan umum, daya saing daerah, dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, melalui pengelolaan keuangan daerah yang semakin efisien, efektif, dan ekonomis” ujarnya. 
 
Proses pembangunan kota, tambah Wali Kota, juga menghadapi tantangan dalam bentuk keterbatasan sumber daya keuangan. Namun demikian, Wali Kota yakin tantangan ini dapat diatasi dengan terus menggali sumber-sumber pembiayaan lain guna mewujudkan pembangunan kota yang semakin berarti dan berkelanjutan. Wali Kota memercayai, di balik berbagai keberhasilan yang diraih Pemko Medan, tentunya semua berkat partisipasi dan peran aktif seluruh stakeholder dan warga yang sangat mencintai kotanya.
 
“Saya percaya, eksekutif, legislatif, judikatif, profesional, pers, dan seluruh kelompok pembangunan telah memberikan sumbangan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan selama ini,” tandas Wali Kota pada bagian akhir sambutannya.(BS07)
T#g:APBD 2018APBD 2019DPRD MedanLPJ Walikota Medanparipurna
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Pidato di Depan MPR, Presiden Jokowi: Rumah Besar Hanya Mungkin Terwujud, Jika Kita Mau Bersatu

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Indonesia, adalah rumah besar kita bersama yang hanya mungkin terwujud jika kita bersatu,

  • 3 minggu lalu

    Walikota Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Tentang Perubahan Perda RTRW

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, menyampaikan Nota Pengantar R

  • 4 minggu lalu

    Ranperda Atas Pencabutan Perda Tentang Retribusi Izin Gangguan, Disetujui Pemko dan DPRD Kota Medan

    Beritasumut.com-Pemko Medan bersama dengan DPRD Kota Medan menyetujui rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kota Medan atas pencabutan Peraturan Da

  • 2 bulan lalu

    Rapat Paripurna DPRD Medan Dihadiri Wakil Walikota Medan

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dengan agenda mendengarkan pandangan frak

  • 2 bulan lalu

    Silpa APBD Tahun 2018 Kota Medan Rp 67,31 Miliar

    Beritasumut.com-Wali Kota Sampaikan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 Kepada DPRD Medan Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menyamp

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.