Politik & Pemerintahan

DPRD Deli Serdang Setujui 4 Ranperda Tentang Bangunan dan Tata Ruang


DPRD Deli Serdang Setujui 4 Ranperda Tentang Bangunan dan Tata Ruang
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Sebanyak 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi peraturan Daerah (Perda) melalui Rapat Paripurna, Senin (30/09/2019). Ranperda tersebut membahas tentang Bangunan Gedung dan Rencana Tata Ruang wilayah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019-2039.
 
Dipimpin oleh Wakil Ketua Timur Sitepu, didampingi Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Kamaruzzaman SAg dan Imran Obos SE. Dan Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab Deli Serdang Tahun 2019-2024, dan Ranperda Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (R APBD) TA.2020, dipimpin Wakil Ketua Kamaruzzaman SAg didampingi Wakil Ketua Timur Sitepu dan Imran Obos SE.                  
 
Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Ashari Tambunan bersama Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar. Hadir juga Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Sekdakab Darwin Zein SSos, Staf Ahli, para Asisten, serta Kepala OPD Pemkab Deli Serdang.
 
Juru bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) tentang Bangunan Gedung, H Rakhmadsyah SH menyampaikan bahwa dari aspek Legal Drifting dalam konsiderans perlu dilakukan perbaikan penyesuaian terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang masih berlaku dan susunan urutan sesuai hirarki. "Selanjutnya, secara substansi Ranperda tentang bangunan gedung perlu mengakomodir yang terkait dimensi kultural bangunan gedung, sesuai dengan kearifan lokal etnisitas yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Utamanya terhadap bangunan gedung milik pemerintah," ujarnya.
 
Menurut Rakhmadsyah, Ranperda perlu mengakomodir aturan terkait dengan bangunan gedung dalam rangka perlindungan masyarakat pada Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) dan Kawasan kebisingan Bandar Udara Kuala Namu.
 
Selain itu, Juru Bicara Pansus tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019-2039, H Said Hadi SE mengatakan Ranperda ini merupakan amanah dari lahirnya UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang dan peraturan pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang rencana tata ruang wilayah Nasional sebagai bagian dari sistem perencanaan nasional, Ranperda ini disusun menurut hirarki atau secara berjenjang dari tingkat nasional hingga ke tingkat kabupaten. 
 
Dalam pembahasan ranperda tentang RTRW baik pada tingkat provinsi maupun pada tingkat kabupaten/kota, terjadi keterlambatan, antara lain disebabkan oleh sikap kehati-hatian para perencana penataan ruang terkait dengan belum terselesaikan sejumlah agenda pembahasan, utamanya yang terkait dengan status kawasan hutan di Sumut dan juga di Kab.Deli Serdang. 
 
Di Provinsi Sumut Sendiri, sejak diajukan pada tahun 2013, Ranperda tentang RTRW Provinsi baru ditetapkan pada tahun 2017. Dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017. Ditetapkannya Ranperda tentang RTRW Provinsi Sumut  tahun 2017-2037 tidak terlepas dari telah dikeluarkannya SK Menteri Kehutanan Nomor 44 tahun 2005 tentang penetapan kawasan hutan di Provinsi Sumut.
 
Juru bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) Ranperda tentang RPJMD, Cece Moh Romli SPT mengatakan visi misi tujuan dan sasaran RPJMD Tahun 2019-2024 tidak dapat dilepaskan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kab. Deli Serdang Tahun 2005-2025 sebagaimana ditetapkan dalam Perda Kabupaten Deli Serdang Nomor 3 Tahun 2010. Badan pembenrtukan peraturan daerah berharap semua tahapan pembangunan dalam kurun lima tahun RPJMD 2019-2024 secara tepat sasaran dapat mencapai visi-misi tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2019-2024 ini.
 
Sementara itu, Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) tentang R. APBD TA. 2020 Amriono menjelaskan, R APBD Deli Serdang tahun 2019, Diproyeksikan sebesar Rp.4.114.928.031.965 dengan komposisi belanja tidak langsung sebesar Rp2.087.759.235.202 atau 50,4 %  dan belanja langsung sebesar Rp2.054.168.796.763 atau 49,6 %.
 
Sedangkan, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengungkapkan atas nama Pemerintah Kabupaten  Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang yang telah membahas dan mensetujui Ranperda tentang Bangunan Gedung, Ranperda RTRW, Ranperda tentang RPJMD dan tentang R. APBD TA. 2020.
 
"Semoga dapat memberi kontribusi  yang berarti bagi kita semua, yang kesemuanya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan warga masyarakat Deli Serdang. Sesuai dengan visi dan misi yang kita cita-citakan, Kabupaten Deli Serdang dengan wilayahnya maju dan sejahtera dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan," jelasnya.(BS05)

Tag:APBDDPRDDPRD Deli SerdangRanperda