Politik & Pemerintahan

Calon Anggota Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik Lolos Seleksi DPR

Calon Anggota Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik Lolos Seleksi DPR
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Eks Komisioner ACWC, Ahmad Taufan Damanik bersama enam orang lainnya terpilih menjadi anggota Komnas HAM usai lolos  uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dari 14 calon anggota yang dilakukan oleh Komisi III DPR RI..
 
"Sepakat yang pertama, komisioner yang dipilih disepakati 7 orang," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/10/2017).
 
Dilansir dari laman resmi detik.com, dari ketujuh nama ini, Desmond menyebutkan ada 3 nama yang mendapatkan catatan dari F-PKS dan F-NasDem. PKS memberikan catatan kepada 2 orang, sedangkan NasDem memberikan catatan kepada 1 orang.
 
"Dari 7 orang yang disepakati, ada catatan dari PKS untuk dua orang. Ada dua catatan yang tidak disetujui oleh PKS, tapi PKS menghormati keputusan musyawarah mufakat. Kedua, ada catatan dari Fraksi NasDem untuk satu orang," sambung Desmond.
 
Untuk selanjutnya, ketujuh nama ini akan dimintai persetujuan dalam sidang paripurna DPR berikutnya. Setelah disetujui paripurna, mereka akan dilantik di Istana Negara. Selain Taufan, anggota Komnas HAM terpilih adalah Mochammad Choirul Anam (advokat), Beka Ulung Hapsara (LSM), Munafrizal Manan (akademisi), Sandrayati Moniaga (petahana), Hairansyah (akademisi) dan Amiruddin Al Rahab (LSM). (BS02)