Politik & Pemerintahan

BPS Gelar Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) di Medan


BPS Gelar Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) di Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval SSTP MAP menghadiri rapat koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Cambridge Medan, Rabu (30/10/2019).
 
Rapat koordinasi dalam rangka peningkatan peran dan fungsi institusi statistik ini dibuka oleh Sekda Provinsi Sumatera utara, DR Ir R Sabrina MSi. Dalam sambutanya Sabrina mengatakan rapat koordinasi ini dinilai sangat penting dan strategis dalam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) dan menyajikan data yang bisa di pertanggung jawabkan hal ini juga sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. "Berdasarkan Perpres tersebut maka pengumpulan data harus satu koordinasi. Artinya BPS dalam hal ini menjadi pembina data, sedangkan Dinas Kominfo Provinsi dan Daerah menjadi wali data sementara OPD lainya menjadi produsen data," katanya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Rabu (30/10/2019).
 
Oleh karena itu, dengan adanya rapat koordinasi ini, Sekdaprovsu Sabrina berharap dapat menjadi wadah dalam perbaikan data sektoral sehingga data tersebut menjadi lebih baik. Sebelumnya, Kepala BPS Sumut DR Syech Suhaimi SE MSi mengatakan rapat koordinasi ini digelar dalam rangka mendiskusikan permasalahan yang menyangkut statistik baik di tingkat Nasional maupun Daerah guna mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI).
 
Syech Suhaimi juga menjelaskan bahwa saat ini data merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perencanaan, monitoring, pengawasan dan analisis terkait dengan indikator statistik, bahkan Presiden Joko Widodo juga telah menegaskan bahwa data merupakan jenis kekayaan baru bangsa Indonesia."Kekayaan baru artinya data tersebut harus merupakan data yang jelas dan terjaga akurasinya serta bisa diperbandingkan antar waktu," sebut Syech Suhaimi.
 
Karena itulah, untuk mewujudkan SDI ini maka peran dari Dinas Kominfo sebagai wali data sangat di perlukan dalam menyatukan data ini. "Jadi siap tidak siap SDI ini harus kita lakukan," ujarnya.
 
Dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota se-Sumatera Utara ini, ditandai pula dengan penandatanganan komitmen bersama Satu Data Indonesia (SDI) antara BPS Provinsi Sumatera Utara dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval SSTP MAP mengapresiasi dengan digelarnya rapat koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data Pemerintah. "Adanya SDI maka akan diperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan," pungkasnya. (BS09)

Tag:Akhyar NasutionBPS SumutBadan PusatStatistikDinas KominfoSDISatu DataWalikota Medan