Politik & Pemerintahan

Air Laut Pasang Sebabkan Tanggul Jebol di Medan Labuhan, Plt Wali Kota Medan Turun Meninjau Langsung


Air Laut Pasang Sebabkan Tanggul Jebol di Medan Labuhan, Plt Wali Kota Medan Turun Meninjau Langsung
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau langsung tanggul yang jebol di Jalan Chaidir, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (11/05/2020). Jebolnya tanggul ini terjadi, karena tingginya pasang air laut sehingga mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam dengan ketinggian hampir sekitar pinggang orang dewasa.

Didampingi Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, Plt Kepala Dinas PU Zulfansyah, dan Camat Medan Labuhan Rudy Asriandy, Plt Wali Kota Medan melihat langsung kondisi tanggul yang jebol. Ada dua tanggul yang mengalami kerusakan parah. Melihat kondisi tersebut, Plt Wali Kota Medan langsung memerintahkan kepada Plt Kepala Dinas PU agar hari Rabu (13/05/2020) mendatang tanggul yang jebol ini sudah diperbaiki.

"Saya sudah perintahkan Kadis PU hari Rabu mendatangi tanggul ini diperbaiki sementara. Kenapa dipilih hari Rabu, karena diperkirakan memasuki pasang mati sehingga dapat dilakukan pengerjaan. Saya juga meminta masyarakat sekitar agar ikut bergotong royong membantu pengerjaanya," kata Plt Wali Kota Medan, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Senin (11/05/2020).

Plt Wali Kota Medan juga mengatakan, bahwa pasang air laut kali ini cukup tinggi hingga mencapai 2.8 Meter dari titik surut air terendah. Ketinggian air inilah yang mengakibatkan beberapa tanggul mengalami kerusakan. "Jadi untuk sementara tanggul ini kita perbaiki dulu sembari menunggu bantuan dari BPBD Kota Medan untuk perbaikan tanggul ini sepenuhnya," sambung Akhyar.

Selain itu, Plt Wali Kota Medan juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga tanaman mangrove yang sudah tertanam dipinggiran tanggul, karena akar tanaman mangrove ini berfungsi untuk memecah ombak dari laut. "Saya minta masyarakat menjaga tanaman mangrove yang ada, karena akarnya berfungsi untuk memecah ombak sehingga tidak langsung menghantam dinding tanggul," himbau Plt Wali Kota Medan.

Mendengar penjelasan dari Plt Wali Kota Medan tersebut, masyarakat yang juga hadir pada saat peninjauan merasa gembira karena tanggul yang berada di dekat permukiman mereka akan segera diperbaiki. "Terimakasih pak, tanggulnya akan diperbaiki, kami juga akan membantu," ungkap warga. (BS09)


Tag:Akhyar NasutionBPBD MedanBanjirbencana alamMedan LabuhanPemko MedanTanggul Jebol