Politik & Pemerintahan

APMM Akui Bakamla RI sebagai Mitra Keamanan Maritim Regional


APMM Akui Bakamla RI sebagai Mitra Keamanan Maritim Regional
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) mengakui bahwa Bakamla RI adalah mitra perwakilan dari Indonesia dalam hal keamanan maritim di kawasan regional. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengarah APMM Laksamana Dato' Sri Zulkifili Bin Abu Bakar saat menerima kunjungan Kepala Bakamla RI Laksamana Madya A Taufiq R di Kantor Pusat APMM, One IOI Square, Putrajaya, Malaysia, pertengahan pekan ini. 
 
Termasuk dalam rangkaian kunjungan kerja Kepala Bakamla ke Malaysia, adalah courtesy call ke APMM. Tidak hanya mengacu pada rekam jejak kerja sama yang telah dijalin antara Bakamla dengan APMM, pengalaman dan hubungan yang sudah lama terjalin antara Laksdya A Taufiq R dan Laksamana Dato Indra Zulkifli bin Abu Bakar juga semakin mengakrabkan pertemuan ini.
 
Melalui siaran pers TNI, Sabtu (22/12/2018), salah satu bukti masa lalu yang tidak dapat terlupakan adalah saat keduanya saling bersinergi antara dalam mengungkap pembajakan MT Orkim Harmony melalui kerjasama Western Fleet Quick Response (WFQR) dengan APMM. Dengan kerja sama yang baik, dan terencana dengan tepat, akhirnya aksi pembajakan tersebut dapat dihentikan. "Melalui pertemuan ini, kedua instansi sepakat untuk mengukuhkan kerja sama. Tidak hanya pada tahap operasi, melainkan juga pada tahap pertukaran informasi hingga pelaksanaan investigasi bersama," harap Kepala Bakamla RI.
 
Beberapa pejabat yang turut hadir mendampingi Kepala Bakamla antara lain Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Dade Ruskandar SH MH, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto SSos, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama SSos MSc, Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah; dan sejumlah staf lainnya. (Rel)

Tag:APMMBakamla RIKeamanan MaritimLaut IndonesiaMalaysia