Politik & Pemerintahan

2.500 Ulos dan Sor Tali Akan Dibagikan Gratis kepada Pengunjung Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba


2.500 Ulos dan Sor Tali Akan Dibagikan Gratis kepada Pengunjung Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba
BERITASUMUT.COM/IST
Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT)
Beritaumut.com-Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) di Parapat dan Balige, provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang akan digelar 20-21 Agustus akan dibuka dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, para menteri dan jajaran SKPD Pemprov Sumut. Kegiatan yang dirangkai dengan pesta rakyat akan melibatkan masyarakat, pelaku seni, budayawan akan menyedot pengunjung domestik maupun manca negera.
 
Untuk itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut, E Marbun memnastikan sekitar 4000-an orang pengunjung sudah mendaftar untuk mengikuti karnaval tersebut.
 
"Iya, sudah 4 ribu pendaftar. Event ini luar biasa, karena untuk memeriahkan acara, setiap pengunjung akan kita bagikan ulos dan sor tali secara gratis. Disbudpar Sumut telah menyediakan sebanyak 2500 ulos dan sor tali, di tambah sumbangan dari PT KAI untuk ulos dan sor tali sebanyak 550 buah," papar Disbudpar Sumut.
 
Dia juga mengatakan, dalam event ini, provinsi hanya mensinergikan apa yang menjadi ide kreatif dari pusat. Disbudpar Sumut sendiri menurutnya akan mempersiapkan kendaraan hias untuk karnaval kemerdekaan, kemudian mempersiapkan tari-tarian berupa tari lima puak untuk penampilan pertama sebelum digelar karnaval kemerdekaan. Tari lima puak ini merupakan tari gabungan antar daerah yakni dairi, Simalungun, Toba, Karo, juga Tapsel.
 
“Nanti akan kita gelar dulu tari lima puak, baru kemudian digelar karnaval kemerdekaan, kemudian akan diikuti dengan 250 orang yang akan mengenakan pakaian adat dari seluruh etnis yang ada di Sumut,” jelasnya.
 
Oleh karena itulah, lanjutnya, Gubernur Sumut H T Erry Nuradi sangat mengharapkan agar masyarakat dapat mendukung kegiatan KKPDT ini, bahkan kabupaten kota juga diharapkan dapat memberikan dukungan penuh. 
 
“Even ini sangat luar biasa, bahkan jangan kan hotel untuk home stay saja saat ini sudah penuh, kami panitia pun kesulitan mencari rumah-rumah penduduk yang bersedia memberikan tempatnya untuk menampung tamu-tamu,” jelasnya. (BS03)

Tag:danau tobaGubernurkarnavalKemerdekaanSumatera UtaraSumut