Politik & Pemerintahan

129 Pejabat Polda Sumut Dimutasi dan Terima Promosi Jabatan


129 Pejabat Polda Sumut Dimutasi dan Terima Promosi Jabatan
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melakukan mutasi terhadap 129 jabatan di jajarannya. Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto nomor: ST/934/X/KEP/2019 tanggal 18 Oktober 2019. Mutasi ini sendiri, melibatkan jabatan puluhan perwira menengah (Pamen), perwira pertama (Pama), hingga brigadir dan PNS. Selain mutasi, beberapa personel dalam Surat Telegram tersebut, juga mendapatkan promosi jabatan.
 
Menanggapi surat telegram tersebut, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan yang dikonfirmasi membenarkan prihal mutasi tersebut. Dia menyebutkan, mutasi ini merupakan hal biasa dalam tubuh Polri dalam rangka penyegaran jabatan dan proses regenerasi. "Iya benar. Mutasi itu hal yang biasa untuk memenuhi kebutuhan dan dinamisasi organisasi Polri, serta pengembangan karir personil," ujarnya kepada wartawan, Senin (21/10/2019).
 
Diantara nama-nama pejabat yang dimutasi ini, terdapat nama seperti AKBP M Fadris Sangun Ratu Lana yang sebelumnya menjabat Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Sumut, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubditbintibsos Ditbinmas Polda Sumut. Sementara penggantinya adalah Kompol Ronny Nicholas Sidabutar yang sebelumnya pindahan dari Polda Maluku.
 
Berikutnya terdapat nama AKBP Herzoni Saragih yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sumut diangkat menjadi Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Sumut. Sedangkan penggantinya adalah Kompol Rachmad Affandi yang sebelumnya menjabat Kanit II Subdit IV Ditreskrimsus, diangkat menjadi PS Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sumut.
 
Lalu AKBP Akala Fikta Jaya sebelumnya Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Sumut diangkat menjadi Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut. Selain itu, juga terdapat nama Kompol Reinhard Habonaran Nainggolan yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Sumut dipindahkan menjadi PS Kasubditgatsum Ditsamapta Polda Sumut. Penggantinya adalah AKBP Simon Paulus Sinulingga yang sebelumnya menjabat Kasubdit I Ditreskrimum Polda Sumut, dan AKBP Jistoni Naibaho diangkat menjadi Kasubdit I Ditreskrimum Polda Sumut.
 
Sementara itu di lingkungan Kapolsek, terdapat nama AKP Dedy Dharma yang sebelumnya menjabat Kasubbagkompeten Bagbinkar RO SDM Polda Sumut, diangkat sebagai Kapolsek Beringin, Polres Deli Serdang. AKP Bambang Herianto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Beringin menjadi Panit I Unit IV Subdit I Ditreskrimum Polda Sumut.
 
Selanjutnya Kompol Jonner Purba yang sebelumnya Kabagsumda Polres Pematang Siantar diangkat sebagai Kapolsek Tanah Jawa Polres Simalungun. Sedangkan Kompol Hasudungan Panggabean yang sebelumnya menjabat Kapolsek Tanah Jawa, menjadi Kasibinturmas Subditbintibsos Ditbinmas Polda Sumut.
 
Terdapat juga nama Kompol Efianto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Delitua, diangkat menjadi Kabagren Polres Tanah Karo. Penggantinya adalah AKP Dolly Nelson Nainggolan yang sebelumnya menjabat Panit I Subdit IV Ditreskrimum Polda Sumut.
 
Begitu juga, terdapat nama Kompol Eko Hartanto yang sebelumnya menjabat Kasubbagmutjab Bagbinkar RO SDM Polda Sumut, menjadi Kasat Reskrim Polrestabes Medan. Penggantinya adalah AKP Sony Harsono yang sebelumnya menjabat Paur Subbagkompeten Bagbinkar RO SDM Polda Sumut. (BS04)

Tag:KapolriMutasi JabatanPolda SumutPolisi