Peristiwa

Wujudkan Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3, PT PLN UP3 Rantauprapat Laksanakan Apel Bulan K3


Wujudkan Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3, PT PLN UP3 Rantauprapat Laksanakan Apel Bulan K3
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guna mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk mendukng stabilitas ekonomi nasional, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumut UP3 Rantauprapat laksanakan apel bulan K3 yang berlangsung di halaman kantor PT PLN UP3, pertengahan pekan kemarin.
 
Manajer Bidang Perencanaan PT PLN Muherwan pada saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI mengatakan, berdasarkan BPS bulan Agustus 2018, sebanyak 58,76% dari total angkatan kerja Indonesia adalah tamatan SMP, hal tersebut berdampak pada kesadaran pentingnya perilaku selamat dalam bekerja. 
 
"Terkait keselamatan kerja, BPJS Ketenagakerjaan mencatat, sepanjang 2018 terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja, atas hala tersebut, Pemerintah mengajak seliruh stakeholder terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan," ujar Muherwan dilansir dari laman labuhanbatukab.go.id, Minggu (03/02/2019).
 
Muherwan juga menyampaikan, Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan upaya melalui program K3 antara lain, menyempurnakan peraturan perundang-undangan, meningkatkan kesadaran pengusaha, dan menerapkan peran asosiasi-asosiasi profesi K3. "Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan agar semua pihak untuk melakukan uoaya konkrit terhadap, pelaksnaan K3 di lingkungannya masing-masing, sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat diseluruh tanah air," ungkapnya. 
 
Muherwan mengajak agar bersama-sama mengikuti acara pencanangan sebagai tanda dimulainya Bulan K3 nasional Tahun 2019 secada resmi, dengan harapan dapat diikuti secara Nasional disemua lembaga, intitusi, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Perusahaan.
 
Kagiatan apel Bulan K3 ditutup dengan penandatanganan komitmen zero kecelakaan umum, kecelakaan kerja dan kecelakaan instalasi oleh Asisten Administrasi Umum Amru Harahap SE, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Polres Labuhanbatu, Manajer Bidang Perencanaan Muherwan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan peralatan kerja dan APD.(BS09)
 

Tag:K3PLN