Peristiwa

Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir di Wilayah Sumut


Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir di Wilayah Sumut
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan melanda sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut).
 
Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan Syahnan menyampaikan, untuk itu masyarakat dihimbau agar mewaspadai atas potensi yang dapat diakibatkannya. "Khususnya di wilayah pegunungan untuk berhati-hati terhadap longsor dan kawasan pantai terhadap banjir," ungkapnya kepada wartawan, Jumat (15/02/2019).
 
Syahnan memaparkan, potensi cuaca ekstrem ini diprediksi berlangsung untuk 3 hari kedepan, terutama pada siang dan sore hari. Pada Jumat (15/02/2019), hujan lebat disertai petir dipantau berpotensi terjadi di wilayah Stabat, Kisaran, Medan, Tanjung Balai, Binjai, dan Aek Kanopan pada siang hari. Sedangkan untuk hujan lebat, berpotensi terjadi di Sidikalang dan Salak. "Untuk kecepatan angin berada di 20 Km/jam dengan kelembapan udara rata-rata 65-95%. Sementara untuk suhu udara diprediksi berada dari 18-32° celcius," jelasnya.
 
Syahnan melanjutkan, untuk cuaca Sabtu (16/02/2019), hujan lebat diprediksi hanya berlangsung di Panyabungan, Salak dan Dolok Sanggul pada sore hari. Sedangkan daerah lainnya, hanya akan dilanda hujan sedang dan ringan, khususnya di wilayah Pandan, Tarutung, Sipirok, Stabat, Kabanjahe, Pematang Raya, Sidikalang, Balige, Pangururan, Sibolga, Binjai, Padang Sidimpuan, Sibuhuan dan Gunung Tua. "Di sini kecepatan angin dan kelembapan udara diprediksi juga sama dengan yang terjadi pada hari sebelumnya," terangnya.
 
Sementara itu, sambung Syahnan hujan lebat disertai petir akan kembali terjadi pada Minggu (17/2) pada siang dan sore hari. Kondisi ini khususnya terjadi di wilayah Stabat, Lubuk Pakam, Kisaran, Lima Puluh, Medan, Tanjung Balai, Binjai, Aek Kanopan. Sedangkan untuk hujan lebat, tambahnya, berpotensi terjadi di Kabanjahe, Rantau Prapat, Sidikalang, Panyabungan, Salak, Padang Sidimpuan, Kota Pinang, Sibuhuan dan Gunung Tua. "BMKG sudah mengeluarkan warning, karenanya masyarakat dihimbau untuk dapat waspada," pungkasnya. (BS04)

Tag:BMKG SumutHujan derasTanah longsorWaspada Bencana