Peristiwa

Warga Sei Mati Tangkap Buaya Muara di Sungai Deli

Warga Sei Mati Tangkap Buaya Muara di Sungai Deli
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Seekor buaya yang kerap muncul di pinggiran Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, akhirnya berhasil tertangkap oleh warga tepatnya di Gang Nasional, Kelurahan Sei Mati, Selasa (17/07/2018) sekitar pukul 14.00 WIB. Informasi dihimpun, upaya penangkapan buaya muara berukuran satu meter ini, telah dilakukan hampir selama satu bulan, karena dianggap meresahkan warga setempat.
 
"Buayanya ini tadi ditangkap oleh warga yang melibatkan pihak kelurahan," ungkap Kasi Sarana Prasarana Wilayah Kecamatan Medan Maimun, Willy Habib Berutu kepada wartawan.
 
Willy menyebutkan, keberadaan buaya ini bahkan membuat warga yang biasa mandi dan mencuci pakaian di Sungai Deli menjadi ketakutan. Karenannya, segala upaya telah dilakukan untuk menangkap buaya tersebut. "Yang tertangkap baru satu. Pengamatan kita, masih ada lagi buaya lain di Sungai Deli," tuturnya.
 
Dia menjelaskan, buaya muara ini pun berhasil ditangkap warga sekitar dengan menggunakan umpan seekor bebek dengan penjerat. Dalam menangkap buaya ini, sambung dia, harus dilakukan dengan pelan-pelan dan tenang lantaran Sungai Deli yang panjang dan buaya suka berpindah-pindah. "Jadi harus benar-benar tenang agar buayanya bisa ditangkap. Buaya ini selanjutnya akan kita serahkan ke BBKSDA. Kita harap nanti ditangkarkan di sana. Untuk buaya lainnya masih kita usahakan untuk ditangkap," tandasnya.
 
Sementara itu, salah seorang warga, Ishak mengungkapkan, penangkapan buaya tersebut dilakukan dengan cara memancingnya dengan seekor bebek. Buaya tersebut tertangkap, tidak lama setelah umpan tersebut dilempar ke sungai. "Saat dipancing dengan bebek, langsung di makannya. Selanjutnya buaya itu langsung ditarik ke pinggir sungai dan tertangkap," ungkapnya.
 
Terpisah, Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Handoko Hidayat mengatakan, tim nya sudah menuju lokasi untuk mengevakuasi buaya yang ditangkap warga tersebut. Namun, Handoko mengaku belum bisa memastikan akan dibawa ke mana nantinya buaya muara tersebut. "Tim sudah ke lokasi. Tapi nanti akan di kemanakan buaya ini, masih menunggu arahan pimpinan," tandasnya. (BS04)