Selasa, 10 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Warga Naga Timbul Protes Peternakan Ayam Iqbal Harahap

Warga Naga Timbul Protes Peternakan Ayam Iqbal Harahap

Rabu, 00 0000 00:00:00
BAGIKAN:

T Morawa, (beritasumut.com)

Masyarakat Dusun V Kali Tawang, Desa Naga Timbul, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, memprotes peternakan ayam milik Iqbal Harahap.

Warga protes karena peternakan ayam menimbulkan bau tak sedap. Peternakan ayam potong milik Iqbal yang cukup besar itu didirikan di kawasan pemukiman penduduk.

"Masyarakat di sini merasa dirugikan karena bau yang menyengat dari ayam potong itu. Kemudian warga khawatir terjangkit flu burung akibat bayaknya lalat," kata Coky Peranginangin didampingi warga lainnya di Kali Tawang, Selasa (18/12/2012).

Selain menyuarakan protes, warga juga mempertanyakan izin peternakan ayam.

Menurut warga, sebelum mendirikan usaha peternakan, pengusaha terlebih dahulu harus mengantongi izin pembuatan dokumen UKL/UPL, izin peruntukan, izin lingkungan, izin mendirikan bangunan, izin peternakan, izin penggunaan air bawah tanah (ABT).

Namun, berbagai perizinan tersebut diduga tidak dimiliki pengusaha karena warga tidak pernah membubuhkan tanda tangan terkait berdirinya peternakan ayam milik Iqbal Harahap.

“Peternakan ayam potong milik Iqbal Harahap di daerah ini tidak ada untungnya bagi masyarakat. Pengusaha hanya mengambil keuntungan. Sementara setiap kegiatan acara yang digelar warga, pengusaha tidak pernah peduli. Apa karena Petugas Penyuluh Lapangan dari Dinas Perternakan Deli Serdang yang ditugaskan ke Kecamatan Tanjung Morawa juga marga Harahap maka peternakan ini dibiarkan berdiri walaupun tidak mengantongi izin,” tanya warga.

Menanggapi keresahan warga, Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kabupaten Deli Serdang Artini mengatakan, setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat.

"Untuk ternak ayam potong memang ada pengobatan air minum, ada yang diminum ayam sehingga tidak berbau dan kotorannya dibuatkan pembuangan khusus. Namun sepengetahuan saya, peternakan ayam di Dusun V Kali Tawang milik Iqbal Harahap hingga saat ini izinnya belum ada dikeluarkan,” ungkap Artini.

Sementara itu, Camat Tanjung Morawa Zainal A Hutagalung berjanji akan memanggil pengusaha ternak ayam karena sepengetahuannya di Dusun V Kali Tawang tidak ada berdiri peternakan ayam. (BS-028)

T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.