Sabtu, 19 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Warga Belawan Terima 1300 Sertifikat Tanah dan Potongan Pemotongan Pajak BPHTB 75 Persen

Warga Belawan Terima 1300 Sertifikat Tanah dan Potongan Pemotongan Pajak BPHTB 75 Persen

Rabu, 24 Januari 2018 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Walikota Medan H T Dzulmi Eldin menyerahkan sertifikat tanah kepada 1.300 warga di Kecamatan Medan Belawan, Rabu (24/01/2018) di Balai Prajurit OB Syaaf. Pembagian sertifikat ini merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan.
 
Pemko Medan mendukung penuh program yang menyentuh kepentingan warga ini. Salah satu bentuk dukungan itu, Walikota memberikan kemudahan pemotongan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) sebesar 75 persen.1300 sertifikat itu diberikan kepada warga di lima kelurahan di kecamatan Medan Belawan, yakni Kelurahan Belawan I sebanyak 200 sertifikat, Belawan II sebanyak 200, Sicanang sebanyak 300, Kelurahan Belawan Bahagia sebanyak 300, dan Belawan Bahari 300.
 
Dalam acara yang dihadiri Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono SH MH, Kakan BPN Medan Saiful SP MH, Kapolres Belawan AKBP Yemi Mandagi, Danyon Marinir I Belawan Letkol Mar Abdi Zunan Tambunan, Camat Medan Ahmad SP dan warga, Walikota menyebutkan sertifikat sebagai alat bukti pemilik tanah mencegah sengketa, memberikan perasaan tenang dan tenteram. 
 
Dengan sertifikat, lanjut Walikota, pemilik juga dapat melakukan perbuatan hukum apa saja sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang  ketertiban hukum. Selain itu, sertifikat juga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi bila dijadikan jaminan hutang dengan hak tanggungan atas tanah.“Untuk kita, saya ucapkan selamat kepada para penerima, juga apresiasi yang tinggi kepada pihak BPN Medan yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini,” ucapnya.  
 
Walikota mengingatkan warganya agar benar-benar menyimpan sertifikat tersebut pada tempat yang aman.Soalnya, tidak mudah untuk menerbitkan sertifikat tanah tersebut. Oleh karena itu, Walikota menilai, program ini cukup membantu warga dalam mendapatkan sertifikat atas tanah yang dimilikinya. Dan tentu saja penerbitan sertifikat tanah ini harus didasari pada kejelasan alas hak dan tidak bersengketa.
 
Sebelumnya, Kepala Kantor BPN Medan Saiful melaporkan pada 2018 ini, selain di Medan Belawan pihaknya juga akan menyelesaikan sebanyak 12 ribu sertifikat lagi untuk warga di Kecamatan Medan Tuntungan, Labuhan, Marelan. Dia mengharapkan, Pemko Medan tetap memberi dukungan, sehingga program ini bisa berjalan dengan sukses.
 
Pada kesempatan yang sama, Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Walikota Medan atas pelaksanaan program tersebut.“Saya juga tahu, bahwa Bapak Walikota Medan sudah memberikan potongan sebesar 75 persen untuk Pajak BPHTB. Kebijakan ini sungguh sangat membahagiakan semua warga,” ungkapnya.
 
"Ini adalah potret sempurna dari pertemuan kepentingan masyarakat dan kepentingan pemerintah. Dan saya sungguh berbangga hati, karena buku sertifikat yang kami produksi telah menjadi jembatan dari pertemuan tersebut,” pungkasnya menambahkan.(BS03)
T#g:BelawanPajakPemko MedanSertifikat Tanah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 jam lalu

    318 Kaum Dhuafa Terima Santunan dari Kapolres Belawan, Balita Diberi Biaya Pengobatan

    Beritasumut.com–Sebanyak 318 orang, yang terdiri dari anak–anak, Penarik Becak serta kaum dhuafa menerima santunan dari Kapolres Belawa

  • 8 jam lalu

    Wakil Walikota Medan: Mari Budayakan Kembali Gotong-royong

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution, M.Si meninjau kegiatan gotong-royong yang diadakan jajaran Kecamatan Medan Barat, Jumat

  • 22 jam lalu

    Pemko Medan Siap Dukung Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri

    Beritasumut.com-Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan Sulaiman Harahap SH MSP didampingi Kabid Pembinaan Sekolah Dasar D

  • 2 hari lalu

    Pemko Medan Kaji Konektivitas Drainase Yang Berhubungan dengan Jalan dan Lintasan KA

    Beritasumut.com-Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pemb

  • 2 hari lalu

    Peserta Diklatpim Diharapkan Implementasikan Ilmu untuk Pembangunan Kota

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Umum Renward Parapat menutup Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.