Peristiwa

Warga 2 Desa di Pantai Labu Tolak Proyek Penanaman Pipa Pertamina


Warga 2 Desa di Pantai Labu Tolak Proyek Penanaman Pipa Pertamina
Warga dua desa di Pantai Labu menolak proyek penanaman pipa Pertamina. (Ist)
Beritasumut.com Warga dua desa di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) menolak proyek penanaman pipa avtur Pertamina menuju Bandara Kualanamu melintasi desa mereka.

Penolakan tersebut disampaikan ratusan warga Desa Pantai Labu Pekan dan Desa Paluh Sibaji dalam aksi unjuk rasa di Kantor Camat Pantai Labu, Senin (9/2/2015) siang.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, warga terlebih dahulu membentangkan kain putih panjang dan membubuhkan tanda tangan sebagai wujud penolakan terhadap proyek Pertamina tersebut.

Warga Pantai Labu Pekan dan Desa Paluh Sibaji dalam orasinya secara tegas menolak pemasangan pipa di pinggir jalan raya di depan rumah warga, meskipun warga diberi kompensasi.

Warga beralasan, kompensasi yang diberikan tidak bisa menjadi jaminan bahwa pipa avtur tersebut nantinya tidak menjadi malapetaka bagi warga dua desa.

Selanjutnya warga mendesak pembangunan pipa avtur dari pantai ke jalan protokol Paluh Sibaji dan Pantai Labu Pekan dihentikan. Pembangunan pipa avtur disarankan melewati sungai saja untuk menimilaisir risiko.

Apabila tuntutan ini tidak ditanggapi, warga mengancam akan kembali melakukan aksi unjuk rasa secara besar-besaran.

Setelah menyampaikan pernyataan sikapnya, perwakilan warga kemudian dikumpulkan di Aula Kantor Camat Pantai Labu untuk mendengarkan penjelasan dari pihak PT Pertamina.

Operation Head PT Pertamina I Made Dirga dalam penjelasannya mengatakan pembangunan pipa avtur tersebut sudah memiliki izin dari Bupati Deliserdang.

Meski pihak Pertamina telah memaparkan bahwa proyek tersebut sudah memiliki izin, warga tetap menolak pembangunan pipa avtur dan kompak meninggalkan aula.

Karena tidak ada titik temu, Anggota DPRD Deliserdang yang hadir berencana memediasi warga dengan PT Pertamina  dan PT Seirama Laju selaku pelaksana proyek. (BS-001)

Tag: