Peristiwa

Wapres RI Ma'ruf Amin Kunjungi Mako Paspampres

Wapres RI Ma'ruf Amin Kunjungi Mako Paspampres
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wakil Presiden (Wapres) RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin beserta Istri, melakukan kunjungan kerja ke Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II/6, Jakarta Pusat, Jumat (01/11/2019). Kunjungan ke Markas Komando Pasukan Pengamanan Presiden (Mako Paspampres) ini dalam rangka melihat demo ketangkasan personel Paspampres dari tiga matra (TNI AD, TNI AL, TNI AU) dan pameran statik alat utama serta persenjataan yang dimiliki Pasukan Pengamanan Presiden.
 
Kedatangan Wapres disambut langsung oleh Panglima TNI, diwakili Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, bersama Irjen TNI Letjen TNI M Herindra MA MSc, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Anjar Wiratma, dan Danpaspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc.
 
Mengawali sambutannya, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyampaikan ucapan selamat datang dan menghaturkan terima kasih atas kesediaan Bapak Wapres RI beserta keluarga berkunjung ke Mako Paspampres. “Paspampres adalah satuan pelaksana di lingkungan TNI, dimana pembinaan dan penggunaan kekuatannya berada langsung di bawah Panglima TNI,” ujarnya.
 
Kasum TNI menyampaikan bahwa Paspampres mempunyai tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya, serta tugas protokoler khusus pada upacara-upacara kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Keperesidenan maupun di luar lingkungan Istanan Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.
 
Dijelaskan oleh Kasum TNI bahwa Grup A melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden RI beserta keluarga; Grup B melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya; Grup C melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan; Grup D melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.
 
“Seluruh personel adalah prajurit-prajurit TNI AD, AL dan AU terbaik dari seluruh penjuru Indonesia dan terpilih dari segi fisik, mental, intelijensi, postur dan kriteria penting lainnya guna mendukung tugas pokok Paspampres,” pungkasnya. (Rel)