Peristiwa

Walikota dan Ribuan Warga Medan Pawai Jalan Kaki dengan Berbusana Batik Medan

Walikota dan Ribuan Warga Medan Pawai Jalan Kaki dengan Berbusana Batik Medan
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Ribuan masyarakat Kota Medan semarakan Karnaval Budaya Multi Etnis Medan Rumah Kita dengan pawai jalan kaki mengenakan busana Batik Medan. 
 
Pawai ini langsung dilepas Walikota Medan Dzumi Eldin didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution beserta istri dan sejumlah pimpinan SKPD Kota Medan. Usai melepas peserta pawai, Dzumi Eldin, Akhyar Nasution beserta istri langsung bergabung dengan peserta pawai.
 
Turut memeriahkan pawai busana Batik Medan peserta dengan berpakaian multi etnis yang ada di Kota Medan dan komunitas sepeda Ontel. Peserta dilepas dari depan Museum Tjong A Fie di Jalan Jenderala Ahmad Yani VII, No.105, Kesawan, dan finis di Lapangan Merdeka Medan.
 
Batik Medan merupakan Batik yang menonjolkan sejumlah icon yang ada di Kota Medan seperti halnya Istana Maimun, Becak Medan, Tugu Titik Nol, Masjid Raya Medan, penari serampang dua belas. Batik Medan ini dipopulerkan Hj Rita Maharani yang notabene istri dari Walikota Medan Dzumi Eldin. 
 
"Banyak cirinya, seperti Istana Maimun, Becak Medan, Durian, Tepak Melayu, Payung Melayu, Daun Tembakau Deli dan beberapa ciri khas lainnya. Dengan mengambil ciri khas Medan, merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya yang ada di Kota Medan," ujar Rita saat pagelaran Medan Fashion Week 2017, beberapa waktu lalu.(BS03)