Minggu, 20 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Walikota Medan Soft Launching Medan Command Center

Walikota Medan Soft Launching Medan Command Center

Kamis, 27 Desember 2018 10:48:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH melakukan Soft Launching Medan Command Center di kantor Walikota Medan, Rabu (26/12/2018). 
 
Soft Launching Medan Command Center ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Walikota Medan, kemudian sebelum memasuki ruangan Command Center, Walikota melakukan Scan Wajah menggunakan Face Terminator, hal ini dilakukan untuk membatasi orang yang masuk ke dalam Command Center.
 
Selanjutnya Walikota melakukan pengujian pengoperasian Medan Command Center, diantaranya Aplikasi Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan Aplikasi SPAN LAPOR yang dikelola Pemerintah Pusat dan pengintegrasian OPD di lingkungan Kota Medan serta pemantauan wilayah dengan menggunakan kamera CCTV.
 
Walikota Medan dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan Medan Command Center ini merupakan bentuk komitmen Pemko Medan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan menjadikan Medan Smart City. Artinya Medan sebagai Kota Pintar, menuntut pengawasan yang harus dilakukan secara pintar dengan cara penggunaan teknologi informasi dalam fungsi monitoring Kota Medan.
 
"Pemanfaatan Teknologi Informasi juga dapat mengurangi potensi KKN dengan cara mengencangkan berbagai macam program berbasis teknologi, Artinya dengan adanya Command Center ini dapat mempermudah antara Pemerintah Kota dan masyarakat melalui sistem pelayanan berbasis teknologi informasi yang terintegrasi," kata Walikota.
 
Menurut Walikota, Demi bisa mewujudkan Kota Medan yang bergerak lebih cepat, lebih tanggap dan lebih cakap dalam mengikuti perkembangan zaman, tentu harus dilakukan pemanfaatan teknologi canggih, meskipun dengan investasi yang mahal, akan tetapi sangat berguna untuk menghadapi perkembangan kemajuan dunia yang sangat cepat. Selain itu berguna untuk meningkatkan daya saing di kancah persaingan global.
 
"Tugas utama menyangkut teknologi adalah melakukan pemetaan yang menyeluruh terhadap kebutuhan yang paling mendasar yaitu peningkatan sumber daya manusia yang mumpuni serta pengembangan sarana dan prasarana dalam berbagai bidang informasi komunikasi dan teknologi,” ujarnya.
 
Selanjutnya Walikota berharap dengan Medan Command Center ini , nantinya Masyarakat Kota Medan akan dapat terlayani dengan maksimal dan kinerja Pemerintah Kota Medan juga akan lebih maksimal. Apalagi Kota Medan telah meraih penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 dari pemerintah pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.
 
"Dengan adanya Command Center ini akan semakin menjadikan program Smart City berjalan dengan sukses, insya Allah nantinya dapat membuat kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik, aman, nyaman dan sejahtera," harap Walikota.
 
Sebelumnya, Kadis Kominfo Zain Noval SSTP MAP menjelaskan Medan Command Center dihadirkan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Selain memiliki Command Center, Kota Medan saat ini memiliki Data Center yang dikelola sendiri. Artinya seluruh data di Setiap OPD berada dalam satu data center.
 
"Keberadaan Command Center ini dapat mempermudah Pimpinan untuk mengambil keputusan jika terdapat permasalahan di tengah masyarakat. Artinya pimpinan dapat memonitor seluruh pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Melalui teknologi informasi Selain itu Memudahkan interaksi diantara OPD dan juga terhubung dengan Aplikasi Medan Rumah Kita dan Aplikasi SPAN LAPOR yang dikelola Pemerintah Pusat," jelas Kadis Kominfo.(BS08)
T#g:Command Centerlayanan publikMedan Command Centerpelayanan publik
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Walikota Dukung Perhelatan Pekan Pelayanan Publik Tanpa Maladministrasi

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, mengapresiasi dan mendukung renc

  • 2 bulan lalu

    Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemko Medan Gelar Pelatihan Penyusunan SOP-AP

    Beritasumut.com-Pemko Medan senantiasa mendukung pelaksanaan tugas apratur, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik dan

  • 3 bulan lalu

    Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemprov Sumut Jalin Kerja Sama dengan Pemko Tangsel

    Beritasumut.com–Untuk mengoptimalkan pelayanan publik dan penyelenggaraan pembangunan daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (S

  • 10 bulan lalu

    Diskominfo Pakpakbharat Launching 3 Aplikasi Pelayanan Publik

    Beritasumut.com-Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pakpak Bharat, Aryanto Tinambunan SP MSi, melaunching 3 aplikasi

  • 10 bulan lalu

    Walikota Medan Terima Penghargaan TOP 25 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH kembali menerima penghargaan. Kali ini penghargaan yang di raih adalah TOP 25 Pengelola

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.