Selasa, 22 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Wali Kota Pematangsiantar dan BPN Bagikan 300 Sertifikat Tanah kepada Warga

Wali Kota Pematangsiantar dan BPN Bagikan 300 Sertifikat Tanah kepada Warga

Minggu, 20 Januari 2019 12:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wali Kota Hefriansyah SE MM ikut membagikan 300 sertifikat tanah kepada warga Pematangsiantar. Pembagian sertifikat yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu dilakukan pada Pencanangan Zona Integritas Eksternal BPN Kota Pematangsiantar, di Gedung Aula Sugiono Mako Brimob Subden 2B, pertengahan pekan kemarin.
 
Pembagian sertifikat tanah dilakukan wali kota bersama Kakanwil BPN Provinsi Sumatera Utara Bambang Priono SH MH, Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi, dan perwakilan Forkopimda Kota Pematangsiantar.
 
Wali Kota menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kota Pematangsiantar atas upaya dan komitmennya mendukung kesejahteraan masyarakat Kota Pematangsiantar. Di mana, di tahun 2018 melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL), Kantor Pertanahan Kota Pematangsiantar telah menyelesaikan 3.500 sertifikat hak milik tanah yang tersebar di 26 kelurahan di Pematangsiantar.
 
Jumlah itu termasuk 100 bidang sertifikat tanah UMK dan 10 sertifikat tanah wakaf. “Dan di awal tahun 2019 ini juga diserahkan kepada masyarakat untuk 300 sertifikat bidang tanah,” ujarnya seperti dilansir dari laman pematangsiantarkota.go.id, Miggu (20/01/2019).
 
Dilanjutkannya, PTSL yang merupakan salah satu program BPN terbukti membantu pemerintah kota mengetahui secara detail kepemilikan tanah persil yang dimiliki masyarakat. Hal itu memberikan kepastian hukum terhadap tanah yang dimiliki masyarakat. Sehingga penerima sertifikat memiliki kepastian hukum atas tanahnya.
 
Wali kota juga berharap, untuk program 2019 yang akan dilaksanakan BPN dapat lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga kerja sama dan koordinasi ini dapat kita tingkatkan demi mensejahterakan masyarakat Indonesia, terkhusus di Kota Pematangsiantar. Dengan sejahteranya masyarakat, berarti terwujudlah Kota Pematangsiantar yang semakin Mantap, Maju, dan Jaya,” katanya lagi.
 
Sementara itu Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono SH MH mengatakan, kehadirannya untuk memastikan sertifikat tanah yang dibagikan sampai kepada pemiliknya. Dia mengungkapkan, sebagai karyawan di BPN, akan bahagia jika dapat membantu masyarakat menyelesaikan sertifikat tanah.“Dengan menerima sertifikat tanah, berarti warga Pematangsiantar sudah menjadi warga negara Indonesia yang baik. Semoga sertifikat ini dapat memberikan rasa aman, tenteram, dan kemantapan hati atas kepemilikan tanah,” harapnya.
 
Sebelumnya, Kepala Kantor Pertanahan Kota Pematangsiantar, I Wayan Suada APtnh SH MH dalam laporannya menyampaikan, pada tahun 2018 Kantor Pertanahan Pematangsiantar menyelesaikan 3.500 sertifikat tanah. Rinciannya, 3.400 bidang PTSL dan 100 bidang UKM, serta 1.500 Peta Bidang Tanah, dengan realisasi yang dicapai 100 persen.
 
“Dan hari ini kita melaksanakan acara penyerahan hasil program PTSL 2018. Pada kesempatan ini akan dibagikan 300 sertifikat dari 3.500 sertifikat yang telah selesai kepada 300 orang penerima sertifikat. Rinciannya, 280 orang penerima sertifikat PTSL, 10 orang penerima sertifikat UKM, dan 10 orang penerima sertifikat tanah peribadatan/wakaf,” terangnya.
 
Pada kesempatan itu, Kantor Pertanahan Kota Pematangsiantar juga melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). I Wayan Suada berharap, pencanangan ini dapat memberikan tambahan semangat bagi mereka. Sebab pada tahun 2019, Kota Pematangsiantar diberi target pensertifikatan tanah sebanyak 2.000 bidang tanah, dengan rincian 1.650 bidang PTSL dan 350 bidang UKM, serta 1.000 peta bidang Tanah. (BS09)
 
T#g:BPNSertifikat TanahWali Kota Pematangsiantar
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Terkait OTT di Kantor BPKAD, Poldasu Kembali Periksa Wali Kota Pematangsiantar

    Beritasumut.com-Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Poldasu) kembali melakukan pemeriksaan terhadap Wali Kota

  • 4 bulan lalu

    Tahun 2025, Presiden Jokowi Optimis Sertifikat Tanah Seluruh Indonesia Akan Rampung

    Beritasumut.com-Setelah sempat lambat perkembangannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pada 2025 mendatang proses sertifikasi tanah di sel

  • 4 bulan lalu

    Kapoldasu dan Kakanwil BPN Sumut Kunjungi Pemko Medan

    Beritasumut.com-Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto SH MH bersama dengan Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut, Bambang Priono, SH MH meng

  • 4 bulan lalu

    666 Kasus Dilaporkan, Pemerintah Segera Selesaikan 167 Kasus Konflik Agraria

    Beritasumut.com-Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria (TPPKA) yang dibentuk sejak 2016 lalu, telah menerima 66 laporan kasus konflik agraria,

  • 5 bulan lalu

    Jubir BPN Prabowo-Sandi Dipanggil Polda Sumut Terkait Dugaan Makar

    Beritasumut.com-Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan pemanggilan terhadap juru bicara Ba

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.