Selasa, 21 Mei 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Wali Kota Pematang Siantar: Netralitas ASN dalam Pemilu Serentak 2019 Wajib Dijaga

Wali Kota Pematang Siantar: Netralitas ASN dalam Pemilu Serentak 2019 Wajib Dijaga

Minggu, 17 Maret 2019 14:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar wajib menjaga netralitasnya dalam Pemilu serentak tahun 2019. Penegasan itu disampaikan Wali kota H Hefriansyah melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan Daniel H Siregar saat membuka Sosialisasi Netralitas ASN dalam Pemilu Serentak 2019 di Ruang Data Setdako, Jalan Merdeka, No.6, pertengahan pekan kemarin.
 
"Dalam menyukseskan perhelatan pesta demokrasi serentak di Kota Pematangsiantar yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April mendatang, sangat diperlukan kerjasama dan koordinasi intensif antara pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu," ujar Daniel seperti dilansir dari laman pematangsiantarkota.go.id, Minggu (17/03/2019).
 
Pemilu yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, lanjut Daniel, merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan pemerintah dan wakil rakyat yang berkualitas, dapat dipercaya, dan dapat menjalankan fungsi pemerintahan dan lembaga legislatif secara optimal.
 
Dijelaskanya, azas netralitas ASN merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan kesuksesan penyelenggaraan pemilu serentak tahun ini. Oleh karena itu, setiap ASN diwajibkan bersikap netral dan bertindak adil serta profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya agar dapat meningkatkan derajat kompetisi yang sehat, partisipatif, dan keterwakilan yang semakin kuat serta bisa dipertang-gungjawabkan.
 
Selanjutnya Daniel juga menyampaikan, Bawaslu, sebagai lembaga yang mengawasi pelaksanaan pemilu, diharapkan dapat meningkatkan akselerasi dalam melakukan koordinasi dengan pemerintah kota serta lembaga penyelenggara pemilu lainnya."Tujuannya, mewujudkan pemilu yang berintegritas di Kota Pematangsiantar," katanya.
 
Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) diwakili Kabid Perencanaan dan Pembinaan Kepegawaian Farhan Zamzamy SH menjelaskan, sesuai surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor: B/2900/KASN/11/2017 tanggal 10 November 2017 serta surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/71/M.SM.00.00/2017 tanggal 27 Desember 2017, disebutkan ASN dilarang melakukan kegiatan yang mengarah pada berkepihakan atau berpolitik praktis/berafilisiasi dengan partai politik.
 
Masih berdasarkan Surat Edaran MENPAN Nomor: B/71/M.SM.00/2017 tanggal 27 Desember 2017, yang menyatakan, kepala daerah harus mengupayakan terus menerus terciptanya iklim yang kondusif dan memberikan kesempatan kepada PNS melaksanakan hak pilihnya secara bebas dengan tetap menjaga netralitas.
 
"Juga melakukan pengawasan kepada bawahannya sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye agar tetap menaati peraturan perundang-undangan dan ketentuan dinas yang berlaku. Serta mengambil tindakan dengan melaporkan dan mengkoordinasikan kepada bawaslu provinsi/kabupaten/kota secara berjenjang sesuai kewenangannya yang diatur dalam perundang-undangan," jelasnya.
 
Ketua Bawaslu Kota Pematangsiantar Sepriandison Saragih dalam kesempatan itu mengatakan, sosialisasi digelar untuk memberikan pemahaman kepada ASN terkait perilaku netral dalam ajang menyukseskan perhelatan pesta demokrasi serentak di Kota Pematangsiantar, 17 April mendatang.
 
Dalam acara sosialisasi tersebut tampak hadir Komisioner KPU Kota Pematangsiantar Nurbaya Siregar, para staf ahli, asisten, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan lurah se-Kota Pematangsiantar.(BS09)
 
T#g:ASNPNSPemiluWali Kota Pematang Siantar
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu jam lalu

    Jokowi-Maruf Ungguli Prabowo-Sandi, PDIP Menangi Pemilu Legislatif

    Beritasumut.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dari 34 provinsi

  • 20 jam lalu

    Polrestabes Medan Siapkan Pasukan Terlatih Amankan Penetapan Perolehan Suara Pemilu 2019

    Beritasumut.com-Serius dalam melakukan pegamanan objek vital di Kota Medan, Polrestabes Medan menyebar pasukan terlatih untuk pengamanan penetapan

  • 3 hari lalu

    Sahur dan Salat Subuh Bersama Warga Tembung, Walikota Medan Ajak Warga Perkuat Persatuan Pasca Pemilu

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, melakukan Safari Ramadan Sahur dan Salat Subuh berjamaah bersama warga Kecamatan Medan

  • 4 hari lalu

    Panglima TNI Tinjau Latihan Pengamanan Tahap Penghitungan Suara Pemilu 2019

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM, Aslog Panglima TNI Mars

  • 6 hari lalu

    1.500 Personel Poldasu Kawal Pleno Rekapitulasi Surat Suara KPU Sumut di Medan

    Beritasumut.com–Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akan memberikan pengamanan ekstra terhadap Pleno Rekapitulasi Surat Suara Komi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.