Minggu, 26 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Wali Kota Medan Tawarkan Program Sister City ke Inggris

Wali Kota Medan Tawarkan Program Sister City ke Inggris

Kamis, 21 Maret 2019 21:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menawarkan program kerjasama Sister City ke Inggris. Tawaran ini disampaikan langsung kepada Wakil Dubes Inggris Rob Fenn saat mengunjungi Kantor Wali Kota Medan, Kamis (21/03/2019). Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan akan ada kota di Inggris yang dapat menjalin Sister City dengan Kota Medan. 
 
Dijelaskan Wali Kota, saat ini Kota Medan telah menjalin Sister City dengan beberapa kota yang ada di wilayah Asia, salah satunya kota Ichikawa, Jepang, Gwangju, Korea Selatan dan Chengdu, Cina serta Penang, Malaysia. atas dasar itu besar harapan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dapat menjalin Sister City dengan salah satu kota di Inggris.
 
"Dengan adanya hubungan Sister City akan banyak peluang kerjasama yang dapat dilakukan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua kota sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Apalagi Negara Inggris telah menjalin kerjasama dengan USU di bidang riset," kata Wali Kota. 
 
Selain menawarkan Sister City, Wali Kota Medan juga menyampaikan bahwa Pemko Medan sangat terbuka untuk para investor asing yang ingin berinvestasi. Wali Kota juga menawarkan kepada Wakil Dubes Inggris agar para pengusaha asal Inggris dapat berinvestasi di Kota Medan. Pemko Medan, lanjutnya, terus melakukan pembangunan disegala bidang, salah satunya pembangunan infrastruktur untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yakni LRT dan BRT. Selain itu Pemko Medan yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Sumut juga akan membangun tol dalam kota yang akan dibangun di pinggiran sungai.
 
"Medan bagian utara juga akan dibangun Waterfront City, di mana pembangunan satu kawasan industri ini sebagai upaya membangun pusat pertumbuhan bisnis baru untuk menopang pusat kota yang semakin padat. Tentunya dari semua program pembangunan ini diharapkan investor dari Inggris dapat melakukan investasi di Kota Medan," jelas Wali Kota. 
 
Wakil Dubes Inggris Rob Fenn yang hadir bersama Staf Kedubes John Nickell mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Kota Medan ini bertujuan untuk melihat perkembangan pembangunan yang ada di Ibu Kota Provinsi Sumut. Setelah mendengar penjelasan yang disampaikan Wali Kota Medan, Wakil Dubes Inggris akan mengajak para pengusaha asal Inggris ke Kota Medan untuk melihat peluang investasi yang dapat dikerjasamakan.
 
"Negara Inggris sangat tertarik menjalin kerjasama dengan negara lain, khususnya Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota. Selain peluang kerjasama di bidang investasi, kami juga tertarik dengan tawaran program Sister City. Selanjutnya kami akan melihat dan memilih kota di Inggris yang dapat menjalin Sister City dengan Kota Medan," ungkap Wakil Dubes Inggris. 
 
Rob Fenn menambahkan, kehadiran dirinya ke Kota Medan juga untuk bertemu dengan dua peneliti Indonesia dari Universitas Sumatra Utara (USU) yang berkolaborasi dengan para peneliti Inggris dalam skema kerja sama Newton Fund yang merupakan dana bantuan pemerintah Inggris untuk kemitraan UK-Indonesia Science & Technology Partnership, dibidang Riset.(BS09)
 
T#g:InggrisPemko MedanSister City
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Safari Jumat, Akhyar Nasution Ajak Warga Bikin Kota Medan Bersih dan Cantik

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh warga untuk membuat Medan tetap bersih dan cantik.

  • 3 hari lalu

    Dukung BPS Online, Plt Wali Kota Inginkan Data Penduduk yang Valid

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, mendukung pendataan penduduk secara dalam jaringan (online) yang a

  • 3 hari lalu

    Investor Ingin Pindahkan dan Tata Kabel Bawah Tanah, Plt Wali Kota: Yok Kita Bikin Cantik Medan

    Beritasumut.com-Seluruh jaringan kabel yang selama ini berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah dengan menggunakan sistem ducting pita lebar

  • 3 hari lalu

    Pemko Medan Berharap Kejari Belawan Membantu Penyelesaian Aset Bermasalah

    Beritasumut.com-Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, menerima kunjungan Kepala Kejaksaan Negeri Belawan yang Baru, Ikeu Bahtiar, SH. MH di

  • 3 hari lalu

    Plt Walikota Medan Dukung Program PDAM Tirtanadi Wujudkan Sanitasi Bersih

    Beritasumut.com-Plt Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mendukung dan menyambut baik program Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Meda

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.