Kamis, 24 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Wali Kota Medan Harapkan Perayaan Navaratri Semakin Menyatukan Umat Hindu

Wali Kota Medan Harapkan Perayaan Navaratri Semakin Menyatukan Umat Hindu

Rabu, 09 Oktober 2019 10:37:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengikuti rangkaian Perayaan Navaratri 2019 sekaligus Pengarakan Kereta Kencana di Shri Mariamman Kuil Jalan HM Said, Gg India, Kampung Durian, Selasa (08/10/2019). Diharapkan melalui Perayaan Navaratri Umat Hindu yang ada di Kota Medan dapat terus bersatu dan menjaga tradisi keagamaan yang telah ada sejak lama.
 
Selain Wakil Wali Kota, Perayaan Navaratri 2019 ini juga dihadiri Ketua DPRD Medan, Hasyim, SE, Ketua PHDI Kota Medan, Surya, Kadis Kebudayaan, OK Zulfi dan sejumlah Tokoh Umat Hindu Kota Medan serta Umat Hindu yang ada di Kota Medan.
 
Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Medan mengatakan, sebagai Kota Multikultural dengan keberagaman suku, budaya dan agama, Pemerintah Kota Medan menyambut baik dan mendukung digelarnya Perayaan Navaratri 2019. Tentunya Perayaan ini merupakan salah satu budaya Hindu India yang tetap masih dilaksanakan diseluruh penjuru dunia.
 
"Seluruh Umat Hindu merayakan Navaratri guna melakukan penghormatan terhadap energi feminim dalam diri, dalam hal ini dilambangkan dalam sosok Durga sebagai Dewi kebaikan, Laksmi sebagai Dewi kemakmuran dan saraswathi sebagai Dewi ilmu pengetahuan. Untuk itu perayaan ini harus kita jaga dan lestarikan terus," kata Wakil Wali Kota.
 
Menurut Wakil Wali Kota, perayaan Navaratri dan Pengarakan Kereta Kencana ini sebagai bentuk dalam menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia sambil tetap merangkul budaya etnis lain yang turut memperkaya khasanah budaya Indonesia, termasuk budaya yang ada di dalam agama Hindu India.
 
"Perayaan Navaratri menjadi salah satu momentum yang senantiasa tidak hanya umat Hindu tetapi seluruh warga Kota Medan, demi melihat khasanah budaya yang dimiliki Kota Medan sebagai kota Multikultural yang religius," ungkap Wakil Wali Kota Medan.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, SE mengungkapkan bahwa sangat mengapresiasi dan mendukung digelarnya Perayaan Navaratri oleh Umat Hindu Kota Medan, tentunya melalui Perayaan Navaratri dan Pengarakan Kereta Kencana ini semakin menjadikan Medan Kota modern yang multikultural.
 
Sementara itu Ketua PHDI Kota Medan, Surya dalam sambutannya menjelaskan bahwa perayaan Navaratri dira­yakan seluruh umat Hindu di dunia selama sembilan hari. Ada berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan mulai dari berdoa bersama, puasa, dan lainnya.
 
"Umumnya, selama perayaan, umat Hindu bukan hanya mengharapakan kemakmuran maupun kesehatan, tetapi juga menda­patkan cinta, ketenangan pikiran, keda­maian dan Aman dan atau keba­hagian," jelasnya.
 
Sedangkan pada puncak perayaan pada malam tersebut dilakukan pengarakan Dewi, mewakili Dewi Durga, Saraswati, dan Laksmi yang bersama-sama mewakili energi feminim memberikan perlindungan, cinta, kemakmuran dan pengetahuan untuk semua umat mereka. "Selama perayaan ini, umat Hindu akan terus memanjatkan doa untuk memuliakan para Dewi," tegasnya.
 
Dijelaskan Ketua PHDI Kota Medan, dalam Perayaan Navaratri ini juga mencampurkan berbagai kebudayaan untuk turut serta, seperti Reog Ponorogo dan Barongsai. Artinya keikutsertaan budaya lain dalam perayaan yang juga disebut Nav Durga ini untuk menyatukan perbedaan. Bahwa dengan perbedaan tidak akan memecahbelah, tetapi sebaliknya me­nimbulkan keindahan dan kebersamaan yang hakiki.
 
Selanjutnya, Wakil Wali Kota Medan bersama Ketua DPRD Medan dan Ketua PHDI Kota Medan melakukan Pengarakan Kereta Kencana dengan menarik menggunakan tali yang berada di sisi kanan kiri Kereta.(BS07)
T#g:NavaratriPemko MedanPerayaan Navaratri
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    BKM Tegal Sari III Kebut Proyek Rp 900 Juta, Bangun Sistem Perpipaan Sanimas

    Beritasumut.com-Proyek pembangunan sistem perpipaan sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) di Lingkungan 9 dan 10, Kelurahan Tegal Sari III, Kecama

  • 2 hari lalu

    Sekda Kota Medan Pimpin Rapat Koordinasi Penilaian Adipura

    Beritasumut.com-Sekda Medan, Ir Wiriya AlRahman MM, memimpin Rapat Koordinasi Penilaian, Pemantauan, serta Verifikasi Adipura Kota Medan, di Ruang

  • 2 hari lalu

    Gelar Pekan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Perwakilan Sumut Audiensi ke Pemko Medan

    Beritasumut.com-Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, menerima audiensi dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut di ruang kerjanya, S

  • 5 hari lalu

    Wakil Walikota Medan: Mari Budayakan Kembali Gotong-royong

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution, M.Si meninjau kegiatan gotong-royong yang diadakan jajaran Kecamatan Medan Barat, Jumat

  • 5 hari lalu

    Pemko Medan Siap Dukung Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri

    Beritasumut.com-Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan Sulaiman Harahap SH MSP didampingi Kabid Pembinaan Sekolah Dasar D

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.