Jumat, 24 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Wali Kota Medan: Kepala Lingkungan Harus Jaga Kerukunan di Tengah Kemajemukan Masyarakat

Wali Kota Medan: Kepala Lingkungan Harus Jaga Kerukunan di Tengah Kemajemukan Masyarakat

Kamis, 25 Juli 2019 19:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs H Musaddad Nasution MSi membuka Silaturrahim dan Pertemuan Kerukunan Kepala Lingkungan se-Kota Medan di Hotel Griya Medan, Kamis (25/07/2019). 
 
Dalam acara yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Medan ini, Wali Kota mengungkapkan, kepala lingkungan juga harus bisa mendorong terwujudnya masyarakat yang religius dan menempatkan nilai-nilai agama sebagai basis perubahan menuju kehidupan yang lebih harmonis, aman, tentram, sejahtera, lahir-batin.
 
Di hadapan Ketua FKUB Medan, Drs H Ilyas Halim MPd Sekretaris FKUB, Hasan Maksum SAg MA segenap pengurus lain, serta para kepala lingkungan itu, Wali Kota menyatakan, kerukunan agama tidak lepas dari peranan kepala lingkungan. Mereka diharapkan dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang berpotensi merusak kerukunan antar umat beragama.
 
Wali Kota menilai kegiatan yang digelar FKUB Medan ini bermanfaat dalam menjaga keharmonisan maupun kerukunan umat beragama di ibukota Sumut ini. Pertemuan ini, sebutnya, merupakan wujud kepedulian bersama dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan umat beragama.Medan, tambah Wali Kota, merupakan kota yang multikultural. Berbagai kebudayaan dan agama berbaur dan membentuk ciri khas atau karakteristik masyarakat Medan. Keberagaman ini, lanjut Wali Kota, menjadi kekayaan sekaligus kekuatan untuk menjalankan pembangunan.
 
“Keharmonisan antarumat beragama di Medan patur disyukuri. Saya berani mengatakan, kita bisa membuktikan bahwa keberagaman tidaklah menjadi penghalang bagi kita untuk maju, tetapi menjadi motivasi luar biasa dalam menjaga kedamaian dan keharmonisan hubungan antarumat beragama,” papar Wali Kota seraya mengingatkan para kepala lingkungan tetap mengawasi lingkungan masing-masing dan mengaktifkan kembali siskamling.
 
Sebelumnya, Ketua FKUB Ilyas Halim mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para kepala lingkungan agar secara bersama sama menjaga dan memelihara kerukunan umat. Karena Kepling sebagai aparat pemerintahan lebih dekat dengan warganya.
 
"Para kepala lingkungan akan diberikan pemahaman tentang Peraturan Bersama Menteri (PBM) No 8 dan 9 Tahun 2006, tentang Pendirian Rumah Ibadah yang lahir sebagai regulasi untuk mengatur dan menengahi kesalahpahaman yang ada dalam masyarakat terkait pendirian rumah ibadah," jelasnya.(BS09)
 
T#g:AgamaFKUBPemko MedanWali Kota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Safari Jumat, Akhyar Nasution Ajak Warga Bikin Kota Medan Bersih dan Cantik

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh warga untuk membuat Medan tetap bersih dan cantik.

  • 23 jam lalu

    Menteri Agama Ingatkan Pimpinan PTKIN Cetak Generasi Unggul dan Nasionalis

    Beritasumut.com-Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi menerima 40 pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Menag mengingatkan aga

  • kemarin

    Dukung BPS Online, Plt Wali Kota Inginkan Data Penduduk yang Valid

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, mendukung pendataan penduduk secara dalam jaringan (online) yang a

  • kemarin

    Investor Ingin Pindahkan dan Tata Kabel Bawah Tanah, Plt Wali Kota: Yok Kita Bikin Cantik Medan

    Beritasumut.com-Seluruh jaringan kabel yang selama ini berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah dengan menggunakan sistem ducting pita lebar

  • kemarin

    Pemko Medan Berharap Kejari Belawan Membantu Penyelesaian Aset Bermasalah

    Beritasumut.com-Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, menerima kunjungan Kepala Kejaksaan Negeri Belawan yang Baru, Ikeu Bahtiar, SH. MH di

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.