Peristiwa

Wah, Rp 2,6 Miliar Dana BOS Disdik Sumut Bermasalah


Wah, Rp 2,6 Miliar Dana BOS Disdik Sumut Bermasalah
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Subdit III/Tipikor Polda Sumut terhadap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Langkat, Salam Syahputra dan 10 orang lainnya, seolah menjadi barang contoh (barcon) bobroknya pengelolaan dan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sumatera Utara (Sumut).
 
Artinya, pratik-praktik penyelewengan serupa terhadap dana BOS juga terjadi di belahan daerah lainnya di Sumut. Dan tanpa terkecuali di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Dan benar saja, dari data yang diperoleh wartawan, Kamis (19/10/2017), didapati ada indikasi penyelewengan dalam pengelolaan dan penyaluran dana BOS. Indikasi penyelewengan itu nominalnya juga cukup fantastis, mencapai Rp2,6 miliar lebih.
 
Indikasinya, yakni pengelolaan dana BOS Dinas Pendidikan tidak sesuai ketentuan dan terdapat sisa dana BOS pada rekening penampung sebesar Rp2.695.840.500 belum tersalurkan.
 
Terkait temuan ini, Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut, AKBP Putu Yudha Putra yang dimintai tanggapannya perihal itu, menegaskan pihaknya siap menangani dugaan penyimpangan dana BOS di Dinas Pendidikan Sumut yang dipimpin Arsyad Lubis, selaku kepala dinas."Bila ada indikasi tindak pidana korupsi, akan kami proses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," kata Putu ketika dihubungi via seluler.
 
Dia juga menambahkan, terkait persoalan dana BOS itu, dia juga mengakui jika pihaknya banyak menerima laporan dugaan penyelewengan. "Kami terus memantau. Jangan sampai dana tersebut diselewengkan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan pribadi. Apabila ditemukan adanya penyelewengan dana bos baik, akan kami tindak tegas," tegasnya.
 
Dia mencontohkan, seperti kasus OTT Disdik Langkat. Dia menjabarkan, berawal adanya laporan masyarakat, dan setelah diselidiki ternyata dugaan penyelewengan itu benar adanya. "Seperti kasus Langkat ini, setelah kami selidiki, ternyata benar. Kami temukan adanya pemotongan dana BOS di Langkat," pungkas mantan Kasubdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Sumut ini.(BS04)
 

Tag:Dana BOSdisdikOTTpungliSekolah