Minggu, 19 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Wagubsu Sebut Peremajaan 157 Ha Sawit Rakyat di Labusel, Program Strategis Angkat Martabat Petani

Wagubsu Sebut Peremajaan 157 Ha Sawit Rakyat di Labusel, Program Strategis Angkat Martabat Petani

Senin, 03 Desember 2018 23:05:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Penanaman perdana Program Peremajaan Kelapa Sawit seluas 157 hektar di Kabupaten Labuanbatu Selatan (Labusel) dijadwalkan pada 12 Desember 2018 mendatang. Program ini diharapkan dapat mengangkat harkat dan martabat petani pekebun di Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Labusel.
 
"Ini program strategis mengangkat harkat dan martabat petani pekebun rakyat. Insya Allah saya hadir. Saya minta perusahaan perkebunan besar membantu," ujar Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah ketika menerima audiensi pimpinan PT Asian Agri, di ruang kerjanya Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, No.30 Medan, Senin (03/12/2018).
 
Wagubsu menjelaskan, program peremajaan kelapa sawit milik petani pekebun rakyat swadaya ini dibiayai oleh Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit (BPPKS) di bawah Kementerian Keuangan sebesar Rp 25 juta per hektar, dananya ditransfer langsung ke rekening petani."Tujuan program ini salah satunya adalah untuk peremajaan kelapa sawit pekebun mandiri dalam rangka peningkatan kualitas dan perbaikan tanaman kelapa sawit petani rakyat," jelas Wagubsu yang didampingi Kadis Perkebunan Sumut Herawati dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus.
 
Tahun 2017 Provinsi Sumut, kata Musa Rajekshah, telah memprogramkan peremajaan kelapa sawit rakyat sekitar 1000 hektar. Untuk membantu pengelolaan teknis di lapangan ditunjuk mitra kerja. Untuk Kabupaten Labusel tahun 2017 ada mitra kerja yaitu PT Asian Agri dan PT Nubika.
 
Untuk tahun 2018 di Sumut sedang diproses program peremajaan tanaman kelapa sawit pekebunan mandiri sekira 3600 ha. Saat ini sedang menunggu proses verifikasi perkebunan rakyatnya. Program dimaksud menyebar di 8 kabupaten di Sumut yaitu Kabupaten Langkat, Palas, Sergai, Labihanbatu, Labura, Labusel, Simalungun dan Batubara.
 
Sementara itu, Head Common Services Asian Agri Hadi Susanto didampingi Kepala Kemitraan Pengarapen Guru Singa menyampaikan, pihaknya telah komit membantu para pekebun swadaya ini nanti dalam bimbingan teknis pengelolaan perkebunan sawit pasca peremajaan.Disampaikan juga, ada sejumlah program yang telah mereka rencanakan dalam kemitraan dengan pekebun rakyat swadaya ini. Asian Agri akan terus bermitra dengan pemerintah, intinya meningkatkan eksistensi pekebun rakyat, secara teknis persawitan modern maupun peningkatan akses ekonomi.
 
Dijelaskannya, penanaman perdana peremajaan 157 ha pekebun rakyat mandiri ini melibatkan 45 petani sawit rakyat yang akan difokuskan di Desa Parlabian Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labusel. Ke-45 petani swadaya pemilik kebun rakyat dimaksud memiliki lahan masing-masing antara 1 sampai 4 hektar di bawah naungan Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera yang menjadi mitra kerja Asian Agri Group.(BS03)
T#g:Kelapa SawitPerkebunansawitwagubsu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Rakor DBH Kelapa Sawit, Pemprov Sumut Usulkan Revisi UU 33/2004

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengusulkan revisi Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuan

  • 4 minggu lalu

    Wagubsu Musa Rajekshah Apresiasi Kejurda MX-GTX IMI Sumut 2019

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri penutupan Kejuaraan Daerah Motocross dan Grasstrack (MX-GTX

  • satu bulan lalu

    Rapat Koordinasi TLHP, Wagubsu: Seluruh Program Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

    Beritasumut.com-Keberhasilan program pemerintah tidak hanya diukur dari serapan anggaran, tetapi juga dinilai dari manfaatnya terhadap masyarakat.

  • satu bulan lalu

    UISU Harus Berperan Bangun Perkebunan di Sumut

    Beritasumut.com-Civitas akademika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) harus berperan serta membangun pertanian khususnya sub sektor perkebunan

  • satu bulan lalu

    Wagub Berharap BRI Senantiasa Dorong Pertumbuhan UMKM

    Beritasumut.com-Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor bisnis yang telah terbukti memiliki daya tahan terhadap krisis ekonom

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.