Rabu, 29 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Wagub Sumut Pastikan Stok Pangan Cukup di Pengungsian

PB ISMI Peduli Banjir Langkat

Wagub Sumut Pastikan Stok Pangan Cukup di Pengungsian

Minggu, 18 Januari 2015 17:37:00
BAGIKAN:
Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi PB ISMI menyerahkan bantuan secara simbolis pengungsi di lokasi pengungsian Gedung Nasional, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. (Ist)
Beritasumut.com Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Tengku Erry Nuradi bersama Pengurus Besar Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (PB ISMI) mengunjungi posko pengungsian korban banjir di Gedung Nasional, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sabtu (17/1/2015).

Kunjungan tersebut guna memastikan ketersediaan bahan makanan di lokasi pengungsian.

Kunjungan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi Ketua Umum PSSI Djohar Arifin yang juga selaku Dewan Penasehat PB ISMI, Sekretaris Jenderal PB ISMI Hilmi Abdullah, Wakil Sekretaris PB Fenty Iska dan sejumlah pengurus PB ISMI lainnya seperti Tengku Silvana Sinar, Khairil Ansyari.

Dalam kunjungannya, Wagub Sumut yang juga Ketua Umum PB ISMI secara langsung melihat kondisi dapur umum, stok bahan makanan dan sarana pendukung di lokasi pengungsian.

"Apa yang kira-kira diperlukan? Beras cukup? Lauk-pauknya ada? Apa lagi yang dibutuhkan," tanya Erry kepada para pengungsi yang sedang menyiapkan makan siang.

"Untuk hari ini  cukup, Pak. Alhamdulilah, sudah ada sarden, mie instant untuk lauknya. Mari makan Pak Wagub," ajak Nuryanti, salah seorang pengungsi paruh baya.

"Selain kebutuhan pokok, apa lagi yang masih kurang," tanya Erry.

"Gula, kopi, susu dan bahan minuman," sebut Nuryanti.

Mendengar keluhan tersebut, Erry kemudian menginstruksikan staf berkoordinasi untuk menyiapkan kebutuhan para pengungsi.

Usai meninjau dapur umum, Erry dan rombongan PB ISMI berdialog dengan para pengungsi untuk menggali sejumlah persoalan yang dihadapi korban banjir selama dalam penampungan.

Dalam kesempatan tersebut, Erry mengatakan, berdasarkan laporang yang diterima, banjir menggenangi lima kecamatan di Langkat yakni Kecamatan Tanjung Pura, Batang Serangan, Hinai, Sawit Seberang dan Kecamatan Wampu.

"Ketinggian air bervariasi antara 50 centimeter hingga satu meter. Saat ini banjir mulai surut di sebagaian daerah. Mari berdoa agar banjir segera surut dan masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya kembali," harap Erry.

Erry menyebutkan, banjir menggenangi  6.150 rumah warga. Lokasi terparah melanda Kecamatan Tanjung Pura terutama di Desa Pematang Cengal Barat, Pekubuan, Lalang, Baja Kuning, Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Paya Perupuk, Teluk Bakung, akibat meluapnya Sungai Batang Serangan.

"Untuk itu, warga diimbau tetap waspada dengan banjir susulan. Pemerintah kabupaten dengan pihak kecamatan telah berkoordinasi untuk menyiapkan penampungan di sejumlah titik diantaranya Gedung Juang 45 Tanjung Pura, penampungan Teluk Bakung, Pematang Cengal Barat, Baja Kuning, lengkap dengan dapur umum," ujar Erry.

Banjir yang melanda sejumlah daerah di Langkat akibat pasang perdani yang sedang berlangsung saat ini. Akibatnya, hujan yang terjadi di daerah hulu sungai, tidak mengalir seperti biasanya ke laut.

"Sifat air mengalir ke daerah rendah. Saat hujan di hulu, bersamaan dengan itu terjadi pasang perdani, maka air tidak mengalir ke laut. Akibatnya, air Sungai Batang Serangan meluber ke pemukiman masyarakat," jelas Erry.

Kondisi ini terjadi tiap tahun. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mencari solusi agar banjir tidak lagi menjadi ancaman.

"Salah satu solusinya adalah dengan membuat benteng atau tanggul penahan air di sisi sungai. Bisa juga melakukan relokasi pemukiman warga dari daerah aliran sungai ke daerah yang lebih aman," ujar Erry.

Tetapi tidak tertutup kemungkinan, Pemkab Langkat berkoordinasi dengan PSDA Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan pengerukan sendimen agar air dapat mengalir dengan baik ke laut.

"Demikian juga halnya yang berhubungan dengan kegiatan yang dibiayai oleh APBN, maka perlu adanya sinerji pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat," saran Erry.

Usai berdialog, Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dan pengurus PB ISMI menyerahkan secara simbolis bantuan beras dan sembako kepada perwakilan pengungsi di Gedung Nasional. Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian PB ISMI bagi korban banjir Langkat. (BS-001)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 tahun lalu

    Wagub Sumut Terima Kunjungan KKDN Sespimti Polri

    Beritasumut.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Dikreg ke-24 Se

  • 5 tahun lalu

    DPRD Medan Belum Ada Komunikasi Dengan Wagub Sumut Soal Pj Wali Kota

    Beritasumut.com - Ketua DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung membantah pihaknya ada melakukan komunikasi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara

  • 5 tahun lalu

    Wagub Sumut Serahkan SK Plh Bupati Sergai

    Beritasumut.com - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi, menyerahkan SK Penunjukan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Serdang Bedagai (S

  • 5 tahun lalu

    Kejagung Periksa Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi Kasus Bansos

    Beritasumut.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuryadi, Rabu (5/8/2015). Tengku Erry mengaku

  • 5 tahun lalu

    Wagub Sumut Tolak Komentari Pernyataan Pengacara Gatot

    Beritasumut.com - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menolak mengomentari pernyataan pengacara Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.