Jumat, 24 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Wagub Buka Indonesia Climate Change 2019, Edukasi Lingkungan Harus Dimulai Sejak Dini

Wagub Buka Indonesia Climate Change 2019, Edukasi Lingkungan Harus Dimulai Sejak Dini

Kamis, 05 September 2019 21:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com–Pelestarian lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup generasi mendatang, karena itu edukasi tentang lingkungan harus dimulai sejak dini. Pelestarian lingkungan juga menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam membangun daerah.
 
Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah ketika membuka secara resmi 9th Indonesia Climate Change Forum and Expo 2019, yang ditandai dengan pemukulan gong, di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention, Jalan Kapten Maulana Lubis No.7, Kota Medan, Kamis (05/09/2019). "Saya berharap di sekolah-sekolah wawasan lingkungan ini diintegrasikan dalam pelajaran-pelajaran sekolah. Sehingga, anak-anak kita sejak dini terbiasa dengan semangat melestarikan lingkungan," ujar Wagub.
 
Kemudian, Wagub mengaku bersyukur acara besar ini bisa dilaksanakan di Sumut untuk yang kedua kali. Melalui pameran dan expo, masyarakat Sumut bisa meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pelestarian lingkungan dan perubahan iklim yang saat ini menjadi isu global. "Saat ini, Pemprov Sumut juga gencar menyusun dan menjalankan program-program yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sudah kita lakukan normalisasi sungai dan kita lakukan imbaun agar masyarakat tidak tinggal di daerah yang rawan-rawan bencana, termasuk daerah aliran sungai," ucapnya.
 
Di akhir sambutan, Musa Rajekshah menyampaikan harapannya agar semangat yang ingin digelorakan lewat acara ini terus lanjut meskipun acara sudah berakhir nantinya. 
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) Agus Justianto mewakili Menteri KLHK RI menyampaikan bawah tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mensosialisasikan wawasan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan di tengah masyarakat. "Apalagi kita Indonesia bertekad untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 29 persen. Dari sektor kehutanan sebanyak 17 %, energi 11 %, dan sampah 1 %. Koordinasi dan partisipasi aktif antara daerah dan pusat menjadi penting suksesnya perjuangan melawan perubahan iklim," jelas Agus.
 
Sementara itu, Kepala Biro Humas KLHK RI Zaki Wicaksana selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa acara yang telah dilaksanakan selama sembilan kali ini akan berlansung selama tiga hari, 5 - 7 September 2019. Mengangkat tema Future Climate and Me, acara ini juga terintegrasi dengan pelaksanaan Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara.
 
Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam 9th Indonesia Climate Change Forum and Expo di antaranya Talkshow Road to COP 25 Santiago Chile, Talkshow Aksi Nyata Mitigasi Perubahan Iklim Melalui Energi Terbarukan, Talkshow Gaya Hidup Kurangi Sampah Plastik, Bincang Santai Youth for Future Climate, Coaching Clinic Belajar Konservasi bersama Generasi Muda Indonesia, games, penampilan seni dan budaya, hingga ragam lomba.
 
Usai membuka 9th Indonesia Climate Change Forum and Expo, Wagub kemudian meninjau stan pameran satu per satu. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Dinas LHK Provinsi Sumut Binsar Situmorang, Konjen dan Konsul negara sahabat, unsur Forkopimda Sumut, mewakili Pemkab/Pemko se-Sumut, Kepala Dinas LHK kabupaten/kota se Sumut, OPD Pemprov Sumut dan masyarakat umum. (BS03)
T#g:Edukasi LingkunganIndonesia ClimateChangeMusa Rajekshahwakil gubernur
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Sosialisasi Edukasi Lingkungan di MTsNP4 Medan, Akhyar Ingatkan Siswa Bawa Botol Minuman ke Sekolah

    Beritasumut.com-Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengingatkan kepada seluruh siswa MTsPN4 Medan untuk membawa tempat minuman sendiri da

  • satu bulan lalu

    Wagubsu Musa Rajekshah Apresiasi Kejurda MX-GTX IMI Sumut 2019

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri penutupan Kejuaraan Daerah Motocross dan Grasstrack (MX-GTX

  • satu bulan lalu

    Kejurda Tako Indonesia Dibuka, Wagub Ingatkan Pentingnya Kualitas Pertandingan dan Regenerasi

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tako tingkat provinsi di Gelanggang

  • satu bulan lalu

    Musa Rajekshah Harapkan Karang Taruna Mampu Gerakkan Desa

    Beritasumut.com–Karang Taruna selaku organisasi yang diisi para pemuda, diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa

  • satu bulan lalu

    Wagub Berharap BRI Senantiasa Dorong Pertumbuhan UMKM

    Beritasumut.com-Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor bisnis yang telah terbukti memiliki daya tahan terhadap krisis ekonom

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.