Jumat, 23 Februari 2018
  • Home
  • Peristiwa
  • Usai Penangkapan Mujianto, Polda Sumut Dibanjiri Papan Bunga
pilkada beritasumut.com

Usai Penangkapan Mujianto, Polda Sumut Dibanjiri Papan Bunga

Kamis, 01 Februari 2018 21:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Mapolda Sumut dibanjiri papan bunga, Kamis (01/02/2018). Setidaknya, ada 20-an papan bunga yang terpasang mulai dari luar sampai ke area dalam Mapolda Sumut. Semua papan bunga tersebut berisi ucapan selamat atas penahanan terhadap tersangka kasus penipuan yang merupakan toke properti Medan, Mujianto. Salah satunya dari Forum Anak Bangsa, yang notabene merupakan organisasi pimpinan Marlon Purba, pendamping korban penipuan Mujianto, Armen Lubis. Isi dari papan bunga tersebut, berbunyi 'Mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Kapolri/Kapoldasu atas ditahannya Mujianto'.
 
Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw saat ditanya wartawan terkait kasus Mujianto itu di sela-sela pemusnahan barang bukti narkoba di halaman gedung Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba, menyebutkan pihaknya akan segera melengkapi berkas sekaligus menyerahkan Mujianto dan satu tersangka lainnya, Rosihan Anwar yang merupakan staf Mujianto ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu). "Dalam waktu dekat berkas tersangka akan dilengkapi. Kalau P22 nanti, berkas dan tersangka akan kita serahkan. Secepatnyalah," katanya.
 
Soal apakah Mujianto akan ditangguhkan, Paulus menyebut sampai saat ini Mujianto dan Rosihan Anwar masih ditahan di sel tahanan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). "Kalau penangguhan, itu hak mereka. Mereka bisa mengajukan atau minta penangguhan. Tapi itu tergantung kita (Poldasu)," jawabnya.
 
Diketahui, Rabu (31/01/2018), toke properti Medan, Mujianto dan stafnya, Rosihan Anwar ditahan penyidik Ditreskrimum Polda Sumut. "Jadi hari ini (Rabu), Polda Sumut resmi menahan saudara Mujianto dan Rosihan Anwar, setelah ada pernyataan dari rumah sakit kalau keduanya sehat. Kita lakukan panggilan kedua hari ini, langsung kita tahan," ujar Direktur Reskrimum Polda Sumut, Andi Rian, didampingi Wadir Krimum, AKBP Andry Setiawan dan Kasubdit II/Harda-Bangtah, AKBP Edison Sitepu kepada wartawan di depan gedung Ditreskrimum Polda Sumut. Andi Rian mengatakan, kasus ini dilaporkan Oktober lalu, saat jabatan Direktur Reskrimum masih diisi pejabat lama (Kombes Pol Nurfallah). Andi memastikan, selama ini tidak ada intervensi dari pihak manapun dalam penanganan kasus ini.
 
Sementara itu, Mujianto yang dicecar sejumlah wartawan perihal ditahannya dia dan pegawainya Rosihan Anwar, bersikeras tidak ikut dalam penipuan kasus tersebut. "Dengan Rosihan saya tidak ikut. Rosihan itu pegawai saya. Rosihan yang bekerja sama dengan dia (Armen Lubis). Saya sudah keluarkan uang Rp5 miliar. Rosihan dan kontraktornya yang mengambil. Itu saja ya, tolong dulu," kilah Mujianto.
 
Sehari sebelumnya, Selasa (30/01/2018) dini hari, petugas gabungan Polda Sumut dan Mabes Polri menangkap Marlon Purba, pendamping korban penipuan Armen Lubis dari kediamannya di Jalan Jermal XV, Kelurahan Denai, Medan Denai. "Benar memang telah dilakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan (Marlon Purba),  tapi dalam penangkapan itu Polda Sumut hanya memback-up tim dari Mabes Polri saja," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting yang dikonfirmasi wartawan.
 
Berkaitan pertanyaan mengenai alasan penangkapan Marlon Purba itu, Rina juga menambahkan agar wartawan mengonfirmasi langsung ke pihak Cyber Mabes Polri. Sementara itu menurut informasi berkembang, penangkapan Marlon didasari atas tudingan menyangkut Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).
 
Sekadar mengingatkan, Marlon Purba bersama anggota ormas yang dipimpinnya gencar mendesak pihak Polda Sumut melakukan penahanan terhadap tersangka Mujianto atas kasus penipuan Rp3 miliar yang dilaporkan korbannya, Armen Lubis beberapa waktu lalu ke Mapolda Sumut. Menyangkut kasus itu, Marlon berpendapat Polda Sumut tidak melakukan penahanan terhadap tersangka Mujianto karena adanya intervensi dari berbagai pihak, termasuk salah satu petinggi Polri. Tudingan itu disampaikan Marlon Purba juga berdasarkan bukti otentik yang dimilikinya dan akan disampaikan ke publik pada waktu yang tepat dan saat diperlukan.
 
Kasus ini sendiri menyeruak ke permukaan, setelah Mujianto ditetapkan sebagai tersangka atas laporan Armen Lubis (60), dalam kasus dugaan penipuan sesuai dengan STTLP/509/IV/2017 SPKT "II" tertanggal 28 April 2017 dengan kerugian material hingga mencapai Rp3 Milyar. Dugaan penipuan itu berawal dari ajakan kerjasama melalui staf Mujianto, Rosihan Anwar untuk melakukan bisnis penimbunan lahan seluas 1 hektare (Ha) atau setara 28.905 M3 di atas tanah lahan di Kampung Salam, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, sekitar Juli 2014 lalu. Namun, setelah proyek selesai, Mujianto tidak menepati janjinya untuk membayar hasil pengerjaan A Lubis, sehingga merasa dirugikan miliaran rupiah dan melaporkan kasus itu ke Poldasu. (BS04)
T#g:Armen LubisMujianto DitangkapPapan BungaPaulus WaterpauwPenipuanPenipuan PropertiPolda Sumut
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Tim Wasrik Itwasda Polda Sumut Kunjungi Polres Labuhanbatu

    Beritasumut.com-Tim Wasrik Itwasda Polda Sumut melakukan kunjungan kerjanya ke Polres Labuhanbatu, Senin (19/02/2018) di Aula Yan Piter Polres Labu

  • 2 hari lalu

    Kapolda Sumut Beri Bantuan Sembako kepada 700 Warga Desa Payung

    Beritasumut.com-Pasca erupsi Gunung Sinabung, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw langsung mengunjungi Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Ta

  • satu minggu lalu

    Empat Mobil Mewah Diamankan Poldasu dari Empat Tersangka

    Beritasumut.com-Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut (Poldasu) mengamankan empat mobil mewah yang diduga digelapkan Ade Nova Fauzia Zein.Se

  • satu minggu lalu

    Jadi Korban Penipuan, Putra Sinulingga Malah Jadi Terdakwa

    Beritasumut.com-Santiano Putra Sinulingga (39), warga Komplek Perumahan Pinang Baris Permai, Medan, sebelumnya menjadi korban penipuan, namun kini

  • satu minggu lalu

    Poldasu Gerak Cepat Antisipasi Konflik Gugurnya Bakal Paslon Gubsu JR Saragih - Ance Selian

    Beritasumut.com-Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) menggugurkan pasangan bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.