Peristiwa

Unjuk Rasa ke Kejatisu, Gema Paluta Minta Bupati Paluta Ditetapkan Sebagai Tersangka


Unjuk Rasa ke Kejatisu, Gema Paluta Minta Bupati Paluta Ditetapkan Sebagai Tersangka
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (Gema Paluta) di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Kamis (03/08/2017). Aksi ini mendapat kawalan dari Polsek Delitua. 
 
Dalam aksi tersebut, massa sebanyak 15 orang yang dikoordinatori Raja Uli Harahap (Korlap) dan Siddik Siregar (Kordinator Aksi), sambil membentangkan spanduk, mereka berorasi mempertanyak kepastian hukum Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara Drs Bachrum Harahap terkait dugaan korupsi pada tahun 2001-2002 sebesar 7,5 M. Padahal, kata Raja, status Bupati sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Padang Sidempuan.
 
"Kami berharap Kejatisu agar segera membuka kembali kasus dugaan korupsi Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara sewaktu menjabat Ketua DPRD Tapsel sejak tahun 2008 yang tidak jelas status hukumnya. Kami harap pihak Kejatisu agar melakukan peninjauan kembali terhadap surat dakwaan No. Reg perkara Pds 09 / N220/Ft 1/01/2014 yang isinya bahwa Ridwan Winata telah menerima pembayaran dan dibagikan kepada orang lain yakni Andar Amin harahap," ujar Raja.
 
Sementara itu, Sumanggar Siagian selaku Kasi Penkum Kejatisu mengungkapkan, terkait apa yang disampaikan oleh mahasiswa dalam tuntutannya, pihak Kejatisu sudah berkordinasi dengan Kejari Padang Sidempuan bahwa perkara ini sudah di Sp3 kan pada tanggal 20 
 
Maret 2009, namun perkara ini bisa dibuka kembali apabila ada bukti bukti baru. "Apabila penjelasan ini kurang puas, silahkan untuk mempertanyakan kembali ke Kejari Padang Sidempuan yang menangani perkara ini," ungkap Sumanggar. 
 
Usai mendengarkan penjelasan dari Kasipenkum Kejatisu, para mahasiswa pun kemudian meninggalkan lokasi dan membubarkan diri dengan tertib.(BS04)
 

Tag:Bupati PalutaDrs Bachrum HarahapGema PalutaKejatisuKorupsiPolsek Delitua