Kamis, 12 Desember 2019

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tempuh 250 Km

Rabu, 00 0000 00:00:00
BAGIKAN:

Siantar, (beritasumut.com)

Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Restu Widiyantoro bertindak selaku inspektur upacara pada pelepasan Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka menyambut Hari Infanteri ke 64 Tahun 2012 wilayah Korem 022/PT di Lapangan Apel Makorem 022/PT, Jalan Asahan Km 3,5, Pematang Siantar, Ahad (16/12/2012).

Danrem dalam amanatnya mengatakan, pertempuran besar di Ambarawa atau yang kita kenal dengan Palagan Ambarawa memiliki nilai-nilai kejuangan yang patut¬ dibanggakan. Peristiwa yang penuh heroisme dan sarat jiwa pengabdian tersebut diawali dengan perintah kilat Panglima Besar Jenderal Sudirman yang intinya perintah kepada seluruh angkatan perang untuk meleburkan diri dalam satuan gerilya, dalam rangka melawan penjajah melakukan perang gerilya.

Catatan sejarah ini telah terukir dengan tinta emas dan terus terpatri memberikan dorongan moral pengabdian bagi prajurit generasi berikutnya khususnya Korps Infanteri.¬ Hingga peristiwa tersebut diabadikan oleh TNI AD sebagai ‚ÄúHari Infanteri‚ÄĚ yang sampai saat ini telah memasuki usia ke enam puluh empat tahun.

‚ÄúSemangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Palagan Ambarawa, harus senantiasa kita tanamkan dalam diri setiap prajurit Infanteri dengan dibarengi peningkatan kualitas keprajuritan dalam menyongsong tugas-tugas ke depan, karena kita tidak akan pernah berhenti untuk mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia,‚ÄĚ kata Danrem.

Di akhir amanatnya Danrem mengucapkan selamat jalan kepada peserta Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya, jaga keamanan selama dalam perjalanan.

Kapenrem 022/PT Mayor Caj Prinaldi menjelaskan kepada wartawan, kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini akan berlangsung, 16-19 Desember 2012 dengan titik start dari Makorem 022/PT dan berakhir (finish) di Bandar Betsy, Kabupaten Simalungun dengan jarak tempuh 250 km. Pada 19 Desember 2012 akan dilaksanakan upacara Peringatan Hari Infanteri ke-64 di Bandar Betsy.

Masih kata Mayor Prinaldi, upacara pelepasan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini awali dengan pembacaan amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman dan ikrar Korps Infanteri, penyerahan Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Inspektur Upacara kepada Danton Peleton Inti Etape Pertama. Kemudian setiap etape/titik ganti akan dilaksanakan upacara serah terima peleton.

Disamping itu, dalam rangka memperingati Hari Infanteri Tahun 2012 ini dilaksanakan bakti sosial berupa pengobatan massal yang bertempat di Kantor Camat Siantar Timur, Kota Pematang Siantar.¬ Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari kepedulian TNI AD khususnya Korem 022/PT terhadap masyarakat sekitar, terutama warga yang kurang mampu. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat dan dapat mempererat tali persaudaraan antara TNI dengan rakyat, sehingga tercipta kemanunggalan TNI-Rakyat. (BS-002)

T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.