Peristiwa

Tinjau Fakses Pasca Libur Lebaran, Pj Bupati Pakpak Bharat Minta Petugas Lakukan Jemput Bola


Tinjau Fakses Pasca Libur Lebaran, Pj Bupati Pakpak Bharat Minta Petugas Lakukan Jemput Bola
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kesiapsiagaan menjadi perhatian utama Pj Bupati Pakpak Bharat Dr H Asren Nasution MA kala melakukan peninjauan Puskesmas-puskesmas yang merupakan Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan menjadi garda terdepan pencegahan dan penanganan dini pandemi Corona Virus Diseases 19 (Covid-19), apalagi kala libur Lebaran yang diindikasikan banyak pelaku perjalanan (PP) memasuki Kabupaten Pakpak Bharat.

Pj Bupati didampingi para pejabat terkait melakukan monitoring ke Puskesmas-puskesmas, diawali dari Puskesmas yang berada di Ibukota Kabupaten, Salak, sampai Puskesmas yang berada di perbatasan seperti Puskesmas Singgabur dan Sukaramai. Tidak hanya kehadiran para petugas kesehatan yang rata-rata hampir 100 persen, tetapi juga kesiapan sarana pendukung seperti APD dan dan fasilitas lainnya, termasuk ruang isolasi sementara dan aplikasi Sidatang yang menjadi salah satu kelebihan di Kabupaten Pakpak Bharat.

"Aplikasi Sidatang, yang merupakan pencatatan arus keluar-masuknya orang ke Kabupaten Pakpak Bharat terkait COVID 19, terlihat sangat membantu para petugas kesehatan dalam memantau para pelaku perjalanan yang terlihat eskalasinya pada saat libur lebaran. Saat ada PP yang lolos dari pintu perbatasan di Kabupaten Pakpak Bharat, pihak Puskesmas bersama masyarakat dapat meng-entry data sekaligus memantau para pelaku perjalanan tersebut," ungkap Pj Bupati dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Minggu (31/05/2020)

Selain itu Pj Bupati juga meminta agar para petugas kesehatan melakukan jemput bola, sembari terus mengingatkan masyarakat akan tiga hal, yaitu cuci tangan, gunakan masker dan jaga jarak (physical distancing). “Ini adalah bentuk tindakan preventif dari kita guna menjaga status Pakpak Bharat tetap dalam zona hijau dan zero PDP," pungkasnya.(BS09)


Tag:Aplikasi SIDATANGCOVID 19COVID-19COVID 19COVID-19CoronaFaskesPakpak Bharat