Senin, 22 Juli 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Tingkatkan Kualitas Hidup Penderita Penyakit Kronis, BPJS Galakkan Program Prolanis

Tingkatkan Kualitas Hidup Penderita Penyakit Kronis, BPJS Galakkan Program Prolanis

Jumat, 16 Maret 2018 00:18:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Medan Ari Dwi Aryani mengungkapkan jika pihaknya menggalakkan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).Program ini dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis, seperti Diabetes Meletus (DM), Hipertensi, maupun penyakit kronis lainnya.
 
"Sebenarnya program ini sudah lama, yakni sejak jaman Askes lalu. Jadi hal ini bertujuan, agar dilakukan pengelolaan pada penyakit-penyakit, kronis supaya kualitas hidup penderitanya dapat menjadi lebih baik," ungkapnya kepada wartawan saat meninjau program tersebut di Puskesmas Teladan, Kamis (15/03/2018).
 
Ari menjelaskan, penyakit seperti DM dan hipertensi itu sangat bergantung pada gaya hidup penderitanya. Sehingga melalui program prolanis, pasien dapat dipastikan taat minum obat, menjaga pola makan, rutin berolahraga, pemeriksaan dan lainnya.
 
"Dengan prolanis, pasien penyakit kronis tidak perlu harus kerumah sakit, melainkan cukup di FKTP. Jadi kalau pasien itu kronis stabil, maka dokter spesialis di rumah sakit bisa merujuk balik ke FKTP, dan itu tidak masalah. Karena dokter di FKTP kan juga punya kompetensi untuk menangani penyakitnya," terangnya.
 
Lebih jauh, Ari mengungkapkan, kalau penderita penyakit kronis dibiarkan, maka akan jatuh ke penyakit yang lebih parah. Karena DM merupakan induk dari segala penyakit, yang bisa menyebabkan penyakit seperti ginjal dan jantung, yang tentunya memperburuk kualitas hidup pasien.
 
"Kita sangat berharap program ini meningkatkan kualitas hidup, minimal meski kronis pasien bisa menjaga diri sendiri dan tidak menjadi beban. Untuk itu semua fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan memiliki program ini, karena sesuai kesepakatan dalam komitmen kontrak," terangnya.
 
Sementara itu Koordinator Program Prolanis Puskesmas Teladan dr Yunita Sari Harahap MKes menambahkan, sejak adanya kegiatan ini, tekanan darah, gula darah dan kolestrol pasien kronis dapat lebih dikontrol. Selain itu, Puskesmas juga bisa memantau secara rutin perkembangan kesehatan pasien setiap minggu maupun bulannya.
 
"Memang yang diutamakan ialah pasien yang memiliki penyakit DM atau hipertensi untuk masuk ke program prolanis. Hal ini supaya penyakitnya tidak menjadi lebih berat," pungkasnya.(BS09)
 
T#g:BPJSpenyakit kronisProgram ProlanisPuskesmas
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Rapat Bersama BPJS, Wali Kota Medan: Penerima BPJS PBI adalah Fakir Miskin dan Masyarakat Tak Mampu

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Ir H Wiriya Alrahman MM memimpin Rapat Pembahasan Kepesertaan BPJS Pem

  • 3 minggu lalu

    Lantik Kepala Puskesmas, Bupati Asahan Minta Jangan Beri Layanan Buruk ke Warga

    Beritasumut.com-Plt Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi mengambil sumpah janji Pejabat Fungsion

  • 2 bulan lalu

    Selama Libur Lebaran, BPJS Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS Tetap Prima

    Beritasumut.com-Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Johana, memastikan akan tetap memberikan layanan yang prima terhadap pe

  • 2 bulan lalu

    Bupati Langkat Beri Dukungan Penuh dan Ajak Masyarakat Sukseskan Program JKN-KIS

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA memberi dukungan penuh serta mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Langkat untuk menyuksekan

  • 5 bulan lalu

    Bupati Tapteng Serahkan Sertifikat Akreditasi Puskesmas dari Kemenkes RI

    Beritasumut.com-Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan Sertifikat Akreditasi Puskesmas kepada 11 Kepala Puskesmas (Ka

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.