Peristiwa

Tingkat Produktivitas IKM Masih Rendah, Pemkab Humbahas Beri Pelatihan ke Warga


Tingkat Produktivitas IKM Masih Rendah, Pemkab Humbahas Beri Pelatihan ke Warga
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan pelatihan kerajinan bambu di gedung Dekranasda, Humbahas.Kadis Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Humbahas, Radna Friede Marbun SE MSi mengatakan kondisi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Humbahas masih belum menunjukkan kemajuan yang signifikan baik dari segi tingkat produktivitasnya.
 
"Hal mendasar yang dihadapai adalah keterbatasan tersedianya dana untuk modal kerja, kurangnya pemahaman terhadap perkembangan informasi dan teknologi, serta rendahnya kualitas sumber daya manusia sehingga sulit untuk menghasilkan produk yang berdaya saing," ujar Radna saat membuka pelatihan seperti dilansir dari laman humbanghasundutankab.go.id, Minggu (17/11/2019).
 
Untuk mengatasi masalah tersebut, kata Radna, Pemkab Humbahas melalui Dinas Kopedagin selaku dinas teknis berupaya keras mengambil langkah-langkah kebijakan untuk memperdayaan dan menumbuh kembangkan IKM yang sudah ada dan salah satu langkah konkritnya adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan kerajinan bambu.
 
Instruktur pelatihan Gunawan SH berharap warga yang dilatih dapat menerapkan ilmu yang di dapat sehingga bambu yang selama ini hanya digunakan sebagai pagar atau kandang menjadi karya yang bernilai ekonomi dan bernilai tambah yang berdampak terhadap peningkatan perekonomian keluarga. Hasil kerajinan berupa tempat tisu dan lampu hias.(BS09)

Tag:HumbahasIKMUKM