Peristiwa

Tim Sapu Bersih Dwelling Time Pelabuhan Belawan Dalami SOP Proses Bongkar Muat


Tim Sapu Bersih Dwelling Time Pelabuhan Belawan Dalami SOP Proses Bongkar Muat
BERITASUMUT.COM/IST
Proses bongkar muat di Pelabuhan.
Beritasumut.com-Penyelidikan masalah waktu bongkar muat (dwelling time) Pelabuhan Belawan yang dilakukan Tim Sapu Bersih Polda Sumut sampai sejauh ini belum membuahkan hasil.Meski begitu, tim khusus yang dibentuk Polda Sumut terus mengintensifkan penyelidikan. Kali ini difokuskan pada standar operasional prosedur (SOP) bongkar muat di pelabuhan.
 
"Perkembangan terakhir yang kita dapat dari tim yang bekerja di lapangan, mereka sedang mendalami SOP dari proses bongkar muat di Pelabuhan Belawan. Selain itu untuk mengumpulkan berbagai informasi dan indikasi adanya persoalan di sana tentu memakan waktu cukup lama," sebut Kombes Rina, Sabtu (24/09/2016) kemarin.
 
Mengenai adanya kabar dari sejumlah sumber yang menyebutkan, proses bongkar muat hanya mengoperasikan satu crane, padahal crane yang ada di Pelabuhan Belawan sebanyak 8 unit. Terkait hal itu, mantan Kapolres Binjai ini buru-buru menampiknya. 
 
Menurutnya, saat dilakukan penelusuran oleh timsus, keseluruhan crane yang ada dipergunakan tanpa adanya masalah."Siapa bilang hanya satu? Sewaktu timsus turun ke lokasi semuanya dioperasikan kok. Mengenai ada informasi diluar itu, pasti akan ditindaklanjuti oleh timsus karena sampai saat ini mereka masih di lapangan," jelasnya.
 
Ketika ditanya tentang pemeriksaan yang sempat dilakukan oleh Polda Sumut terhadap Direktur Pelindo I Pelabuhan Belawan, Rina juga menampiknya. Dia mengatakan, yang bersangkutan memang sempat datang ke Polda Sumut untuk menjabarkan proses bongkar muat di Pelabuhan Belawan demi membantu proses penyelidikan."Bukan diperiksa, tapi kedatangan beliau ke Mapolda Sumut untuk menjabarkan mekanisme dan proses bongkar muat disana. Hal itu diperlukan sebagai petunjuk proses penyelidikan tim yang turun ke lapangan," pungkasnya. (BS04)
 

Tag:Pelabuhan BelawanPolda SumutBongkar Muat