Peristiwa

Tim SAR Akhirnya Temukan Jasad Wisatawan Tenggelam di Danau Toba

Tim SAR Akhirnya Temukan Jasad Wisatawan Tenggelam di Danau Toba
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Peristiwa tenggelamnya wisatawan di perairan Danau Toba kembali terjadi. Korban bernama Siombak Rajagukguk (25) dinyatakan hilang di perairan Danau Toba, tepatnya di Pantai Bebas Parapat, Pardamean Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Minggu (06/08/2017) sekitar pukul 15.50 WIB. Korban diketahui tenggelam setelah terseret ombak Pantai Bebas saat berenang bersama rekan-rekannya.
 
"Menerima laporan hilangnya korban, Basarnas Medan melalui personel SAR setempat, Eric yang melapor melalui telepon dua jam setelah kejadian berlangsung, segera bertindak. Basarnas Medan kemudian memerintahkan 6 personil dari Pos Siaga SAR Danau Toba segera menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan pertolongan," ujar Humas Basarnas Medan yang dilansir dari akun instagram @sar_medan, Selasa (08/08/2017).
 
Informasi dihimpun, sesampainya di lokasi kejadian, tim SAR langsung melakukan penyisiran ke pesisir pantai Bebas tepatnya di belakang Kelurahan Parsaroan, Ajibata. Namun hingga Minggu (06/08/2017) malam sekira pukul 21.30 WIB usaha yang dilakukan tim SAR belum membuahkan hasil.
 
Pencarian kembali dilakukan pada Senin (07/08/2017) pagi dengan mengerahkan unsur yang sama yaitu dari Basarnas Pos SAR Siaga Danau Toba, Koramil Lumban Julu dan potensi SAR setempat. Tim SAR melakukan pencarian dengan metode penyisiran menggunakan perahu karet di sekitar lokasi, serta melakukan penyelaman di titik-titik yang diduga terdapat tanda-tanda keberadaan korban.
 
"Setelah dilakukan pencarian kurang lebih selama dua jam, Tim SAR akhirnya dapat menemukan korban namun dalam kondisi meninggal dunia. Jasad korban ditemukan oleh tim penyelam berada pada kedalaman 16 meter pada pukul 09.00 WIB," pungkasnya. (BS06)