Peristiwa

Tiga Residivis Pembongkar Rumah Mewah di Kawasan Medan Johor Ditembak Polisi

Tiga Residivis Pembongkar Rumah Mewah di Kawasan Medan Johor Ditembak Polisi
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Satuan Reskrim Polrestabes Medan mengamankan tiga orang pelaku pencurian rumah mewah yang cukup meresahkan warga Kota Medan. Ketiganya yang juga Resedivis itu ditembak petugas Polrestabes Medan. Ketiganya adalah Keko (24) warga Jalan Elang II No.61 Perumnas Mandala Medan, Poki warga Jalan Selambo Toba Gang Muara Medan dan Toris (22) warga Jalan Panglima Denai Gang Jermal Baru No 25 Medan.
 
Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha Prawira kepada wartawan, Selasa (28/5/2019) mengungkapkan, "Ketiganya terlibat pencurian di rumah milik korban Hendri Winardi (35) di kawasan Jalan Zainul Hamid, Simpang Kanal, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor pada tanggal 23 Mei lalu. Kemudian korban segera melapor dengan nomor laporan LP/668/V/2019/SPKT/SEK Delta tanggal 23 Mei 2019," ujarnya.
 
AKBP Putu menuturkan, rumah korban mengalami pencurian dengan cara dibongkar pagar dan pintu rumahnya. "Korban mengalami kerugian berupa 2 unit sepeda motor NMax BK4653AGN Tahun 2016 warna hitam, sepeda motor RX King tahun 2003 BK4859GP warna hitam, yang diparkir di ruang tamu. Selain itu, 2 unit Laptop Acer dan Lenovo yang terletak di meja dan di dalam laci sudah hilang serta uang tunai sebesar Rp 32.000.000," paparnya.
 
Tak hanya itu, pelaku juga mengambil 3 lembar cek giro Bank Panin, 1 buah cek giro Bank CIMB Niaga, 1 buah cek giro Bank BNI, 1 buah BPKB mobil Futura, 1 buah STNK mobil Dumtruck. "Selanjutnya, polisi melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa 2 orang tersangka kasus pencurian sesuai dengan laporan polisi atas nama Keko dan Poki sedang berada di Jalan Murai Mandala Medan, sedang duduk di pinggir jalan. Tim langsung menuju ke tempat tersebut, sekitar pukul 20.00 WIB tim mengamankan keduanya," jelasnya.
 
Berdasarkan keterangan para tersangka, mereka melakukan pencurian dengan 3 orang temannya yang lain. "Polisi terus mencari keberadaan pelaku lainnya dan menemukan 1 tersangka lagi yang bernama Toris di rumahnya Jalan Panglima Denai, Gang Jermal Baru dan lanjut mencari 2 orang lagi Rendy dan Gondet beserta penadah yang bernama Alex, masih DPO. "Dari ketiga tersangka dilakukan tindakan tegas dan terukur menembak ke arah kaki tersangka, karena pada saat ditangkap mereka mencoba melarikan diri dan melakukan perlawanan dengan cara menyerang petugas," ungkap Kasat.
 
Dari pelaku, petugas mengamankan barang bukti 1 unit Laptop Lenovo beserta carger, 1 unit sepeda motor Beat warna putih BK 6690 AIH, 1 unit Hp OPPO, 1 buah Power Bank, 1 buah jam tangan, 1 buah sebo warna hitam, 1 unit sepeda motor Mio warna hitam BK 2086 AIB, 2 buah linggis, 4 buah kunci, 1 buah gunting dan alat untuk mencongkel rumah mewah. "Para tersangka melanggar Pasal 363 KHUPidana dan telah dijebloskan ke penjara Polrestabes Medan," pungkasnya. (BS04)