Rabu, 13 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Tiga Pesawat TNI Berhasil Lakukan Modifikasi Cuaca di Sumatera dan Riau

Tiga Pesawat TNI Berhasil Lakukan Modifikasi Cuaca di Sumatera dan Riau

Kamis, 17 Oktober 2019 10:29:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Tiga pesawat TNI berhasil melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Sumatera dan Riau dengan melakukan penyemaian garam untuk membuat hujan buatan.
 
Ketiga pesawat milik TNI tersebut melaksanakan TMC di tempat yang berbeda di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Riau, Rabu (16/10/2019).
 
Tiga pesawat TNI tersebut yaitu Hercules C-130 A 3126 Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan CN 295 A-2901 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma serta satu pesawat Cassa A-2105 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdurahman Saleh Malang.
 
Pesawat CN 295 A-2901 melaksanakan penyemaian di wilayah sekitar Jambi dan Oki dengan membawa garam sebanyak 2400 kg. Sedangkan pesawat Cassa A-2105 melakukan penyemaian sebanyak dua sorti di wilayah sisi selatan Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir hingga perbatasan Jambi dengan membawa kapur (CaO) dan garam (NaCl).
 
Sedangkan pesawat Hercules C-130 yang take off dari Lanud Halim Perdanakusuma menebarkan garam di wilayah Palembang dan sekitarnya.
 
Sementara itu, berdasarkan data dari BNPB, titik panas penyebab asap masih terdeteksi di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Hingga (16/10/2019), 158 titik panas teridentifikasi di ketiga provinsi tersebut.
 
Saat ini, di wilayah Sumatera Selatan dan Provinsi Riau turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang yang terjadi di daerah Kabupaten Pelalawan, Siak dan Kuansing.
 
Diharapkan dengan Teknologi Modifikasi Cuaca yang dilaksanakan TNI bekerja sama dengan beberapa instasi seperti BNPB dapat menghasilkan curah hujan, sehingga dapat memadamkan beberapa titik api yang berada di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.(rel)
T#g:karhutlakebakaran hutantitik api
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Lakukan Penghijauan, Pohon Petai Hingga Jengkol Ditanam di Wilayah Kabupaten Humbahas

    Beritasumut.com-Sebagai tindakan penghijauan dan reboisasi lingkungan dilakukan penanaman sejuta pohon di Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Humbang

  • 4 minggu lalu

    Potensi Penyebaran Asap Karhutla Masih Tinggi, Masyarakat Diimbau Waspada

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai sebaran asap akibat dari kebaka

  • 2 bulan lalu

    Pemprov Sumut Imbau Warga Kurangi Aktivitas dan Liburkan Sekolah

    Beritasumut.com–Mengantisipasi dampak buruk kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Ut

  • 2 bulan lalu

    Dampak Karhutla, Pemkab Labuhanbatu Buka 9 Posko Layanan Kesehatan

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu membuka 9 Posko pelayanan kesehatan untuk penanganan warga yang terpapar udara tercemar a

  • 2 bulan lalu

    Kepala BNPB Sebut 99 Persen Karhutla Ulah Manusia, 80 Persen Jadi Kebun

    Beritasumut.com-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengemukakan, dari 328.724 hektar luas kebakaran hutan dan lahan (

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.