Rabu, 21 Agustus 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Terkait THR Lebaran, Buruh di Deli Serdang Paling Banyak Pengaduan

Terkait THR Lebaran, Buruh di Deli Serdang Paling Banyak Pengaduan

Jumat, 08 Juni 2018 23:35:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Pada Jumat (08/06/2018) adalah hari terakhir bagi para pengusaha wajib membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerjanya, sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No.6 Tahun 2016 Tentang THR.
 
Hingga saat ini, Posko Pengaduan THR FSPMI Sumut sudah menerima ratusan pengaduan buruh terkait dugaan pelanggaran THR. Terbanyak melapor adalah buruh berasal dari Deli Serdang.
 
Untuk Deli Serdang, ada 5 perusahaan dengan total buruh yang diduga tidak mendapat THR sekitar 200-an orang. Belum lagi yang melapor via telepon, namun tidak berani untuk didampingi tim Lembaga Bantuan Hukum (LBH) FSPMI Sumut."Jumlahnya mungkin 500-an orang, mereka takut di-PHK bila kita dampingi," ujar Willy Agus Utomo, Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara (Sumut). 
 
Willy menyebutkan, di antara yang bandel adalah PT Kelambir Jaya di Kelambir V, Kabupaten Deli Serdang. Ada juga perusahaan pengolahan makanan ringan di sepanjang jalan lintas Medan-Tanjung Morawa diduga 400-an buruhnya yang berstatus kontrak tidak mendapat THR.
 
"Hal ini kami ketahui dari laporan buruh via telepon, tapi mereka takut menyebutkan nama dan data diri mereka, karena takut di-PHK. Kita minta Disnaker dan DPRD Deli Serdang sidak ke perusahaan makanan ringan ini, diduga tiap tahun buruh kontraknya tidak pernah mendapatkan THR," tegas Willy.
 
Untuk Kota Medan, sebutnya, ada 1 perusahaan dengan total puluhan pekerja. Serdangbedagai (Sergai) 2 perusahaan, Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) 2 perusahaan."Kita menunggu sampai Senin (11/06/2018), niat baik para pengusaha ini. Jika tidak, maka kita akan umumkan nama perusahaannya dan akan memproses secara hukum, meminta agar dicabut izin perusahaan yang tidak membayar THR pekerjanya," pungkas Willy.(BS04)
 
T#g:BuruhFSPMI SumutlebaranPT Kelambir JayaTHR
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Soal Isu Megathurst, Presiden Jokowi Minta BNPB Persiapkan Masyarakat Hadapi Evakuasi

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui adanya potensi terjadinya gempa besar berkekuatan 9,0 Skala Richter (SR) atau yang sering di

  • 4 minggu lalu

    Ada Potensi Bukan Prediksi, Kepala BMKG Ajak Masyarakat Tidak Cemaskan Megathrust

    Beritasumut.com-Sebagai negeri cincin api dan sabuk gunung api yang berada di atas lempeng-lempeng tektonik yang aktif, Kepala Badan Metereologi, K

  • 2 bulan lalu

    Calon Penumpang Bus ALS Mendadak Tewas di Loket

    Beritasumut.com-Seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution (42) warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Psp Utara, mendadak me

  • 2 bulan lalu

    Ustadz Munzir Situmorang: Usai Ramadhan Sedekah dan Ibadah Lainnya Juga Harus Berlomba-lomba

    Beritasumut.com-Badan Kemakmuran Masjid (BKM) As Sakinah menggelar Halal Bihalal di Masjid As Sakinah Komplek Citra Garden Jumat malam (14/06/2019)

  • 2 bulan lalu

    Halal Bihalal Jemaah Masjid Al Akbar Grand Monaco dan PT SLL Group Menghadirkan Ustadz Munzir Situmorang

    Beritasumut.com-Setelah sukses menghadirkan Ustadz Kondang Das'ad Latif, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Akbar Komplek Grand Monaco bekerja sa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.