Peristiwa

Terkait Pembongkaran, Pemko Medan Tunggu Pemilik Gedung Aksara


Terkait Pembongkaran, Pemko Medan Tunggu Pemilik Gedung Aksara
BERITASUMUT.COM/BS04
Gedung Aksara Plaza yang terbakar, beberapa waktu lalu.
Beritasumut.com-Gedung Aksara Plaza yang terbakar beberapa bulan lalu, hingga kini masih dibiarkan begitu saja. Pemerintah Kota (Pemko) Medan pun masih menunggu pemilik gedung untuk melakukan pembongkaran."Bukan punya kita, ngapain kita bongkar. Kita menunggu yang punya gedung lah. Mereka yang berhak membongkarnya," ujar Walikota Medan HT Dzulmi Eldin, Rabu (2/11/2016).
 
Sementara itu, terkait nasib para pedagang pasar Aksara, Eldin menjelaskan jikan lahan yang dimiliki Pemko letaknya pas di pinggir jalan. Luasnya sekitar 4000 meter. Pedagang-pedagang yang belum masuk ke MMTC itu, katanya, jumlahnya juga tidak begitu banyak. Ia juga menegaskan bagi para pedagang yang hingga kini masih berjualan di badan jalan ataupun belum masuk ke kawasan MMTC atau pasar yang telah disediakan untuk segera pindah. 
 
Pasalnya, tim penertiban pun akan membersihkan para pedagang yang bersikeras masih berjualan di sana."Nanti kita bersihkan juga itu. Tidak boleh berjualan di badan jalan. Di gedung yangbbekas terbakar itu juga kan rawan runtuh," jelasnya.
 
Ia mengatakan, Pemko sebelumnya sudah menyiapkan opsi untuk menampung para pedagang Aksara yang jumlahnya sekitar 700-an orang. Selain di pasar yang telah disediakan Pemko dan MMTC, Pemko berencana menyediakan tempat di Eks RS Martondhi. Kemudian ada juga lahan dekat Polsek seluas 600 meter.
 
Eldin menambahkan, pemerintah tidak hanya memikirkan para pedagang itu saja. Karena menurutnya, masih banyak kerjaan lainnya yang harus dikerjakan."Kalau pedagang itu jumlahnya 700-an, kita juga masih memikirkan bagaimana kepentingan masyarakat yang lain. Yang jumlahnya lebih banyak dari itu," pungkasnya. (BS03)
 

Tag:Dzulmi EldinPasar AksaraPedagangPemko Medan