Senin, 14 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Terkait Pembekuan, DPP FSPTI-KSPSI Terima Masukan DPD FSPTI Sumut

Terkait Pembekuan, DPP FSPTI-KSPSI Terima Masukan DPD FSPTI Sumut

Sabtu, 18 Februari 2017 18:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Ketua I Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPP FSPTI-KSPSI) H Syamsul Bahri menerima masukan dan informasi dari Ketua dan Sekretaris DPD FSPTI Sumut CP Nainggolan SE MAP dan Ramlan Purba SH terkait penolakan, pembekuan kepengurusan DPC FSPTI Medan versi Antoni Pasaribu-Edi Riady.
 
Penolakan itu karena DPD Sumut tidak memasukkan nama SM yang dinilai mempermalukan marwah organisasi dalam musyawarah. SM dijadikan tersangka yang diringkus tim Pusat Saber Pungli dan dibawa ke Mako Brimob di Jakarta.Karena DPC Medan ngotot mempertahankan nama SM dalam kepengurusan, DPD Sumut akhirnya membekukan kepengurusan DPC F.SPTI Medan, dan membentuk Caretaker yang diserahi tugas selambatnya dalam setahun mempersiapkan musyawarah DPC FSPTI Medan yang dipimpin Martin Luter King Bangun dan Rahman Tua Nasution.
 
“DPC Medan terus membuat perlawanan lalu coba mempengaruhi oknum Ketua DPP FSPTI Pusat Surya Bakti Batubara. Sayangnya Surya yang baru setahun belajar organisasi di FSPTI ini, secara gegabah menskorsing Ketua DPD, Saudara CP Naingolan, tanpa memediasikan para pihak baik DPD maupun DPC. Padahal keputusan DPD bersifat kolektif juga kolegial, bukan arogansi Ketua DPD."
 
"Ketua DPP lantas menerbitkan SK Plt Ketua kepada Darwis, tapi Darwis menolak. Fatalnya lagi DPP membekukan DPD F SPTI Sumut, dan mengangkat Samuang Manulang menjadi Caretaker SPTI Sumut. Kemudian di saat bersamaan DPP menerbitkan SK DPC F SPTI Medan," papar Ramlan Purba dalam siaran persnya, Sabtu (18/02/2017).
 
Ramlan melanjutkan, terkait penerbitan SK DPC F SPTI Medan oleh DPP FSPTI yang melampui kewenangan DPP, serta penerbitan SK Caretaker DPD F SPTI Sumut, yang tidak berlandaskan AD/ART ini, 28 DPC F SPTI se-Sumut, membulatkan tekad melahirkan keputusan bersama menolak kepemimpinan Surya Bakti Batubara sebagai Ketua Umum DPP FSPTI, dan minta agar Ketua Umum KSPSI Yorrys Raweyay, mengambil tindakan tegas terhadap arogansi dan ketidakpahaman Surya Bakti Batubara terhadap AD/ART itu.
 
Pernyataan Ramlan ini dibenarkan Nelson Manalu SH. Nelson mempertanyakan mengapa kemudian Ketua SPSI Medan J Sitanggang, menuding Ketua DPD KSPSI Sumut CP Nainggolan mengambil keuntungan dari gugatan asosiasi pengusaha terhadap SK UMK yang ditetapkan Gubsu. Dan menggerakkan seolah ada aksi demo masa pekerja ke DPD KSPSI Sumut, beberapa hari lalu.
 
“Kita undang J. Sitanggang hadir untuk ikut berunding, katanya dia tak bisa hadir karena ada pesta keluarga. Kok sekarang malah menuding ada yang mengambil keuntungan," jelas Nelson.
 
Sementara itu, Syamsul Bahri mengatakan dapat menerima keterangan yang diberikan dan menilai apa yang dilakukan oleh DPD F SPTI membekukan pengurus yang menolak SK sudah tepat. Begitupula yang dilakukan oleh KSPSI Sumut menyelamatkan pekerja untuk tetap menikmati kenaikan upah selama proses gugatan PTUN, adalah solusi untuk menyelamatkan para pekerja.
 
Syamsul menyesalkan perlawanan dan penolakan dari DPC FSPTI Medan, dan terakhir seperti membenturkan DPP dengan DPD F SPTI Sumut. Diakuinya, dirinya sebagai Ketua OKK FSPTI tidak tahu adanya SK Caretaker DPD FSPTI atas nama Samuang Manulang, dan mangatakan jika benar SK tersebut ada, berarti illegal karena diterbitkan tanpa mekanisme organisasi.
 
“Kawan-kawan di Sumut saya minta untuk tetap tenang, teruslah bekerja menjalankan roda organisasi. Kita akan segera laporkan kronologis ini kepada Ketua K. SPSI Bung Yorrys Raweyay untuk diambil tindakan secara organisasi," pungkasnya.(Rel)
 
T#g:DPP FSPTIKSPSISPSITenaga Kerja
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Walikota Medan Buka Penyelenggaran Job Fair Kota Medan

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, resmi membuka penyelenggaraan

  • 2 bulan lalu

    Pengangguran Menurun, Presiden Jokowi: Jumlah Penduduk Miskin Terendah Dalam Sejarah

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, kita patut bersyukur karena di tengah gejolak perekonomian global, pembangunan ekonomi

  • 2 bulan lalu

    Berdayakan CPMI, Kemnaker Kembangkan 400 Desa Migran Produktif

    Beritasumut.com-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan berbagai kementerian/lembaga melakukan upaya terobosan dalam memberdayak

  • 2 bulan lalu

    Persatuan Wredatama Prima Karya Diharapkan Berperan Kurangi Pengangguran

    Beritasumut.com–Persatuan Wredatama Prima Karya (PW Prika) Sumatera Utara (Sumut) yang beranggotakan para pensiunan PNS diharapkan dapat berp

  • 3 bulan lalu

    Ada Diskon Pajak, Darmin Berharap Dunia Usaha Dorong Tingkatkan Keahlian Pekerja

    Beritasumut.com-Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap pemberian insentif super deduction sebesar 200% bagi pelaku usaha dan pelaku ind

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.