Kamis, 22 Agustus 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Terkait Pemalsuan Surat Lahan Pesantren, Polda Sumut Belum Keluarkan SP3

Terkait Pemalsuan Surat Lahan Pesantren, Polda Sumut Belum Keluarkan SP3

Rabu, 10 Agustus 2016 19:35:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/BS04
Tri Purnowidodo, kuasa hukum Ishak Muhammad Gurning mendaftarkan gugatan di PN Medan.
Beritasumut.com-Kapolda Sumut, Irjen Pol Raden Budi Winarso dilaporkan ke Pengadilan Negeri (PN) Medan, terkait kasus Yayasan Pesantren Modern Daar Al Uluum (YPMDA), Selasa (09/08/2016) kemarin.Laporan Pra Peradilan (Prapid) ke PN Medan tersebut beromor: 59/Pid.Pra/2016/PN.Mdn dengan termohon Kapolda Sumut Cq Direktur Reserse Kriminal Umum.
 
Terkait hal itu, Kasubdit II/Hardabangtah Polda Sumut, AKBP Frido Situmorang selaku pihak yang menangani kasus tersebut, mengaku belum mengetahui hal itu. "Soal itu, saya belum tahu," jawab Frido, Rabu (10/08/2016).
 
Laporan Prapid tersebut dilatarbelakangi atas terbitnya Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3) kasus pemalsuan surat dan keterangan palsu atas lahan milik YPMDA seluasa 1.345 meter yang dikuasai Bupati Asahan, Taufan Gama Simaputang.
 
Ditanya mengenai hal ini, lagi-lagi Frido membantahnya. Dia menegaskan, sejauh ini pihaknya masih menangani kasus tersebut. "Belum ada kita keluarkan itu (SP3), masih kita tangani," jawabnya lagi.
 
Untuk diketahui Kapolda Sumut, Irjen Pol Raden Budi Winarso dilaporkan ke PN Medan oleh Ishak Muhammad Gurning selaku pemohon didampingi kuasa hukumnya, Tri Purnowidodo, Selasa (9/8) kemarin.
 
Tri Purnowidodo, selaku kuasa hukum pemohon, mengatakan gugatan yang dibuat ke PN Medan atas dikeluarkannya SP3 No: SPP.Sidik/302.a/VIII/2015/Ditreskrimum, tertanggal 13 Agustus 2015 juncto surat ketetapan No: S.TAP/302.b/VIII/2015/Ditreskrimum, tertanggal 13 Agustus 2015 tentang penghentian penyidikan kasus pemalsuan surat dan keterangan palsu atas lahan milik YPMDA seluas 1.345 meter yang dikuasai Taufan Gama Simaputang.
 
"Termohon mengeluarkan SP3 dengan alasan peristiwa yang disidik bukan tindak pidana. Padahal termohon sudah menemukan bukti yang cukup untuk menetapkan peristiwa yang dilaporkan pemohon sebagai tindak pidana yang memenuhi pasal 263 dan atau pasal 266 KUHP," terang Tri Purnowidodo.
 
Menurutnya, dalam kasus ini telah terjadi ambiguitaas kebijakan penyidik yang ditetapkan termohon (incasu) di awal penyidikan yang menetapkan bahwa peristiwa yang dilaporkan pemohon merupakan tindak pidana.
 
"Namun pada akhirnya termohon (penyidik) menetapkan peristiwa yang dilaporkan oleh pemohon bukan merupakan tindak pinda. Ini sangat janggal. Termohon sejak awal penyidikan sudah mencoba melepaaskan diri dari sistem peradilan terpadu (integrated criminal justice system) sebagaimana dianut dalam KUHAP," jelas Tri Purnowidodo.
 
Tri Purnowidodo berharap, Komisi Yudisial (KY) memantau jalannya proses gugatan prapradilan ini agar keadilan dan kebenaran ditegakkan di Indonesia, khususnya di kabupaten Asahan."Kita harapkan KY memantau proses hukum prapradilan ini. Kita juga berharap majelis hakim nantinya objektif melihat permohonan gugatan SP3 kasus Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang ini," sebutnya.(BS04)
 
T#g: Polda Sumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Plt Bupati Asahan Himbau Masyarakat Tak Konsumtif Beli Bahan Pokok Berlebihan

    Beritasumut.com-Plt Bupati Asahan Diwakili Asisten II Ekbang Drs Jhon Hardi Nasution MSi melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pengawasan ket

  • 6 bulan lalu

    NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut, 2000 Rider Bakal Disuguhi Trek Menantang

    Beritasumut.com-Menempuh jarak 80 kilo meter melewati daerah Medan dan Deli Serdang, 2000 rider bakal disuguhi dengan trek menantang di ajang NgeGa

  • 7 bulan lalu

    Wadir Pol Airud Polda Sumut AKBP Untung Sangaji Temukan Inovasi Bata dari Kulit Kerang

    Beritasumut.com-Melihat rumah Nelayan Semenanjung Pantai Sumatra Utara yang cukup memprihatikan, Wadir Pol Airud Polda Sumut, AKBP Untung Sangaji m

  • 9 bulan lalu

    Gunakan Jaring Trawl, Kapal Ikan KM Narurju-II Ditangkap Patroli Polairud Polda Sumut di Perairan Belawan

    Beritasumut.com-Diduga menggunakan jaring trawl yang dilarang Pemeritah RI di kawasan Perairan Belawan, kapal ikan KM Naburju-II ditangkap Patroli

  • tahun lalu

    Datang Setelah Ditelpon, Personil Polda Sumut Dikeroyok

    Beritasumut.com-Bripka Eric Tambunan, Personil Subdit III Jahtanras Ditreskrimum Polda Sumut mengalami luka parah akibat dikeroyok oleh sejumlah or

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.